Sempurna! Luis Suarez Belum Pernah Gagal Penalti

Luis Suarez (Reuters/Susana Vera)
24 April 2019 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, VITORIA GASTEIZ - Barcelona beruntung memiliki Luis Suarez. Pemain yang mereka beli dari Liverpool pada 2014 tersebut, menjadi salah satu penyokong isi rekening gol tim berjuluk Blaugrana.

Suarez kembali membuktiannya musim ini. Dia salah satu aktor yang membawa Barca semakin mendekati gelar Liga Spanyol musim ini. Penyerang berjuluk El Pistolero tersebut total melesakkan 21 gol khusus di liga domestik musim ini.

Menariknya, Suarez juga menjadi andalan Barca dalam urusan mengeksekusi penalti. Pemain asal Uruguay tersebut menyokong lima gol dari tendangan titik putih di semua kompetisi 2018/2019. Salah satunya, dilesakkannya ketika Barca menundukkan Alaves 2-0 di Estadio de Mendizorroza, Vitoria-Gasteiz, Rabu (24/4/2019) dini hari WIB.

Koleksi gol Suarez dari titik penalti menyamai rekan setimnya, Lionel Messi. Messi juga mengemas lima gol penalti dari enam kali percobaan. Satu-satunya percobaan penalti Messi yang gagal mendatangkan gol yakni saat melawan Valladolid. Sedangkan Philippe Coutinho merupakan pencetak gol penalti terbanyak berikutnya Barca, yakni dua gol.

Suarez pantas dijuluki algojo penalti sejati. Ia tidak mimiliki cacat dalam mengeksekusi tembakan penalti delapan kali percobaan terakhir di semua kompetisi bersama Barca. Suarez juga semakin dekat menembus 200 gol dengan Blaugrana. Dia telah mengoleksi 176 gol di semua kompetisi bersama Raksasa Catalan, dengan perincian 131 gol di Liga Primera, 19 gol di Liga Champions, 19 gol di Copa del Rey, 5 gol di Piala Dunia Klub, 1 gol di Piala Super Spanyol, dan 1 gol di Piala Super Eropa.

Penampilan Suarez mengesan di hati pemain Barca lainnya, Carles Alena, yang membuka gol untuk Blaugrana. Di mata Alena, Suarez juga bukan penyerang oportunis. "Saya senang bisa membantu tim meraih tiga poin, namun gol itu, saya pantas berterimakasih kepada Luis Suarez. Dia hebat, dia pemain No. 9 terbaik di dunia. Dia lari dan meninggalkan bola demi saya untuk mencetak gol," ujar Alena, seperti dilansir sport.es.