Semifinal Coppa Italia: Mimpi Atalanta Berlanjut?

Atalanta (Reuters/Ciro De Luca)
25 April 2019 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BERGAMO - Perjalanan Atalanta di musim ini mirip cerita dongeng. Sebagai tim medioker di Seri-A, Atalanta secara mengejutkan ikut dalam persaingan ke zona Liga Champions.

Musim ini, tim berjuluk La Dea (Sang Dewi) tersebut juga menembus semifinal Coppa Italia. Tak tanggung-tanggung, Atalanta menyingkirkan juara bertahan empat kali beruntun, Juventus, dengan skor 3-0 untuk bisa menembus semifinal.

Nah, La Dea berharap mimpi indah mereka musim ini terus berlanjut ketika menghadapi Fiorentina pada leg kedua semifinal Coppa Italia di Stadio Atleti Azzurri d'Italia, Bergamo, Jumat (26/4/2019) pukul 01.45 WIB.

Pada leg pertama di kandang Fiorentina, dua tim berbagai skor imbang 3-3. Atalanta pantas senyum-senyum karena mereka mengantongi modal tiga gol tandang. Artinya, Atalanta hanya membutuhkan skor imbang 0-0, 1-1, atau 2-2, untuk bisa mencapai partai puncak.

Tim polesan Gian Piero Gasperini ini membawa bekal menakjubkan dengan menundukkan tim tangguh Napoli 2-1 di Seri-A, Selasa (23/4/2019) dini hari WIB. Atalanta sempat tertinggal gol Napoli yang dicetak Dries Mertens. Namun mereka bangkit dengan dua gol balasan yang masing-masing dilesakkan Duvan Zapata dan Mario Pasalic.

Kemenangan atas Napoli melesatkan mereka ke peringkat keempat klasemen sementara Seri-A. Jika tetap konsisten, bukan hal mustahil Atalanta mewakili Italia di Liga Champions musim depan. "Kami juga masih berada di semifinal Coppa Italia dan kami berada di posisi ini [empat besar Seri-A] dan kami ingin memenangi semuanya," jelas gelandang Atalanta, Josip Ilicic.

"Kami tidak gampang menyerah. Kami tahu tantangan untuk zona Liga Champions sangat berat, namun kami ingin finis di posisi itu," sambungnya seperti dilansir football-italia.net, Rabu (24/4/2019).

Atalanta pernah tiga kali merasakan final Coppa Italia. Masing-masing pada 1962/1963, 1986/1987, dan 1995/1996. Pada 1962/1963 itu, La Dea menuntaskannya dengan gelar juara. Inilah kesempatan Sang Dewi kembali mengulang sejarah manis mereka di Coppa Italia.