Diuntungkan, Manchester City Tak Mau Terlena

Manchester City (Reuters/Phil Noble)
26 April 2019 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER — “Campione, Campione, Ole, Ole, Ole!.” Chant itu menggema di penjuru Old Trafford seusai Manchester City mempermalukan rival sekotanya, Manchester United (MU) dalam Derby Manchester, Kamis (25/4/2019) dini hari WIB.

Meski belum ada kepastian apapun soal siapa peraih gelar, suporter City tampak yakin kemenangan itu adalah pertanda tim idolanya bakal mempertahankan trofi Liga Premier musim ini. Tiga poin memang membuat The Citizens kembali mengambilalih puncak klasemen dengan torehan 89 poin, unggul satu poin dari sang rival, Liverpool.

Dengan kompetisi tinggal menyisakan tiga laga, pantas apabila City percaya diri lantaran lawan yang mereka hadapi di atas kertas bisa ditaklukkan yakni Burnley, Leicester City dan Brighton & Hove Albion. Mungkin hanya Leicester yang berpotensi merepotkan Sergio Aguero dkk. Setelah dilatih Brendan Rodgers, mantan Pelatih Liverpool, The Foxes memetik lima kemenangan dari delapan pertandingan.

Sementara The Reds harus menemui laga tricky melawan Huddersfield, Newcastle United dan Wolverhampton Wanderers. Wolverhampton jelas tak bisa dikesampingkan karena baru saja mengalahkan Arsenal dengan skor 3-1. Rekor Wolves melawan big six sejauh ini cukup mentereng yakni menang enam kali, seri empat kali dan hanya kalah tiga kali.

Newcastle juga bisa menjadi batu sandungan menyusul performa mereka yang hanya menelan tiga kekalahan dari 10 laga terakhir di Liga Premier. Jangan lupa, The Magpies juga menjadi satu-satunya tim yang mampu membekuk City musim ini.

Meski dalam posisi diuntungkan, Pelatih City, Josep “Pep” Guardiola, meminta para pemainnya tetap fokus dan tidak terbuai dengan kondisi saat ini. Dia mengingatkan apapun bisa terjadi dalam tiga pekan ke depan, termasuk tergelincir dari puncak klasemen. “Kini saatnya kami untuk tenang. Jangan membaca koran, jangan melihat televisi, dan mendengarkan radio,” ujar Guardiola dilansir Sky Sports, Kamis.

Kapten Manchester City, Vincent Kompany, menegaskan timnya harus menyapu bersih laga tersisa untuk memastikan juara. Kompany tak ingin tim lengah dengan hanya menunggu Liverpool tersandung. “Kami butuh tiga kemenangan. Kami tidak bisa berharap lawan akan kehilangan poin.”

Pada bagian lain, Liverpool diprediksi bakal menekan habis-habisan untuk mencetak banyak gol saat melawan Huddersfield di Anfield, Sabtu (27/4/2019) dini hari WIB. Hal ini mengantisipasi apabila poin Liverpool dan City sama di akhir musim. Sejauh ini City lebih diuntungkan jika skenario itu berjalan karena mereka surplus 67 gol, sedangkan The Reds “hanya” 59 gol.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku bakal memberi selamat pada City jika rivalnya itu akhirnya yang meraih trofi. Klopp tak menampik The Citizens amat konsisten di Liga Premier dengan hanya menelan satu kekalahan hingga menjelang tutup musim. “JIka mereka memenangi liga, saya akan menyampaikan selamat. Mereka memainkan musim yang fantastis, sangat konsisten,” ujar Klopp dilansir DAZN.