Sensasi Lionel Messi

Lionel Messi (Reuters/Jon Nazca)
26 April 2019 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA - Bukan Lionel Messi jika tidak sering membuat sensasi. Tentu dalam hal positif. Pemilik jersey No. 10 Barcelona tersebut bakal menorehkan gelar Liga Spanyol ke-10 dalam kariernya apabila timnya menaklukkan Levante, di Camp Nou, Minggu (28/4/2019) dini hari WIB.

Ya, 9 trofi Liga Spanyol telah berhasil dikoleksi Messi bersama raksasa Catalan. Dia hanya perlu satu gelar lagi untuk menggenapinya menjadi 10 biji. Laga melawan Levante sekaligus bakal menjadi momentum milistone Messi dengan Barca, karena itu merupakan pertandingan ke-450 miliknya di Liga Spanyol.

Messi tercatat sebagai penampil terbanyak dalam sejarah Liga Spanyol dengan 449 pertandingan. Dia melampuai rekor mantan legenda Barca, Andres Iniesta, yang mengoleksi 442 pertandingan di kompetisi kasta tertinggi di Negeri Matador ini. Messi juga masih memegang status sebagai top scorer sepanjang masa Liga Spanyol dengan 416 gol.

Kesuksesan Messi dengan Blaugrana seolah-olah tak tertandingi. Namun siapa sangka, Messi pernah berpikir untuk meninggalkan klub yang dibelanya sejak masih berusia belasan tahun ini. Pemain jebolan La Masia tersebut ragu meneruskan karier dengan Barca setelah raksasa Catalan kalah dari musuh abadi mereka, Real Madrid, pada final Copa del Rey, sekitar lima tahun silam.

Adalah mendiang pelatih Barca, Tito Vilanova, yang akhirnya meyakinkan Messi bertahan. Mantan asisten Josep Guardiola itu meminta Messi tidak hengkang dari Camp Nou hanya selang enam hari sebelum dirinya mengembuskan napas terakhir.

"Itu di momen sulit Tito dan benar saat itu Leo [sapaan Messi] ragu untuk memperpanjang [kontrak]. Mereka kemudian bertemu dan saya tidak berada di sana, namun saya tahu merka menghabiskan berjam-jam untuk diskusi," jelas mantan pelatih Barca, Jordi Roura, seperti dilansir marca.com, Jumat (26/4/2019).

"Saya tidak benar-benar tahu persisnya apa yang mereka ucapkan, namun Leo kemudian memutuskan bertahan dan kami harap itu akan terus berlanjut selama bertahun-tahun nanti," imbuhnya.

Messi tak bisa menampik Vilanova ikut berjasa dalam kesuksesan kariernya. Wajar apabila dalam momen lima tahun setelah Vilanova meninggal dunia, pemain berjuluk La Pulga belum melupakan sosoknya. "Selalu bersama kami," tulis Messi dalam akun Instagramnya sembari mengunggah foto dirinya bersama Vilanova, seperti dikutip tribuna.com.