Liga 3: Persebi Boyolali Bisa Gunakan Stadion Pandanarang Hingga Oktober

Persebi Boyolali (Istimewa)
02 Mei 2019 00:25 WIB Ivan Andimuhtarom Indonesia Share :

Solopos.com, BOYOLALI - Persebi Boyolali akhirnya memutuskan menggunakan Stadion Pandanarang, Boyolali, sebagai home base tim yang akan berlaga di Liga 3 Indonesia musim 2019 tersebut. Namun, mereka hanya bisa memanfaatkan stadion di Mbayanan, Siswodipuran, Kecamatan Boyolali itu paling lama sampai Oktober 2019.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali berencana merobohkan stadion tersebut kemudian memanfaatkannya untuk keperluan lain. Stadion pengganti digadang-gadang bakal dibangun di lereng Merapi-Merbabu, tepatnya di Desa Paras, Kecamatan Cepogo.

Manajemen Persebi sempat risau memikirkan stadion kandang musim ini setelah Pemkab Boyolali memulai proyek ambisius tersebut. Tim berjuluk Laskar Pandan Arang tersebut sempat melirik Stadion Trikoyo Klaten sebagai home base alternatif.

Namun hingga April 2019, bangunan Stadion Pandanarang belum jadi dirobohkan. Pemkab sebatas mencabut rumput yang ada di lapangan. Seluruh fasilitas masih bisa dimanfaatkan. Manajer Persebi, Kukuh Hadi Atmo, mengungkapkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ketua Persebi. Hasilnya, selama lapangan belum dirobohkan, Persebi masih bisa memanfaatkannya.

“Stadion kan belum jadi dibongkar. Jadi bisa kami pakai dulu,” terang dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (1/5/2019).

Lelaki yang akrab disapa Tatang itu mengatakan meski rumput lama telah dicabut, kondisi lapangan saat ini sudah dipenuhi rumput. Pekerjaan rumah Persebi agar stadion itu layak pakai adalah mencabut rumput-rumput liar di beberapa sisi stadion dan beberapa bagian lapangan. “Kami hanya perlu merapikan rumput dan menambah tiang gawang. Tribun penonton masih memadai,” terangnya.

Ia mengakui penggunaan stadion maksimal hanya sampai Oktober 2019. Setelah itu, ia akan melihat situasi. Jika Persebi lolos babak regional, mereka akan memindahkan home base ke stadion lain. “Nanti tinggal koordinasi dengan panitia. Kami kemarin memang sudah mengurus perizinan menggunakan Stadion Trikoyo Klaten. Tapi karena izin tak kunjung turun, kami mantap pakai Stadion Pandanarang,” tutur dia.

Lebih lanjut, skuat asuhan Ahmad Sukisno kembali menjalani sesi latihan pada Rabu sore. Mereka akan melawat ke Kudus untuk menjalani laga persahabatan dengan Persiku Kudus pada Kamis (2/5/2019). “Sehari setelahnya kami akan ke Pati,” tutup Tatang.