Spurs Hancurkan Ajax, Final Liga Champions Dikuasai Inggris

Pemain Tottenham Hotspur merayakan kemenangan atas Ajax pada pertandingan leg kedua Babak Semifinal Liga Champions 2018-2019 di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (9/5 - 2019) dini hari WIB. (Reuters/Matthew Childs)
09 Mei 2019 08:45 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, AMSTERDAM — Laga panas penuh drama terjadi pada leg kedua Babak Semifinal Liga Champions 2018-2019 antara Ajax dan Tottenham Hotspur. Digelar di kandang AJax, Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (9/5/2019) dini hari WIB, sang tuan rumah terpaksa tunduk dengan skor 2-3 dan membiarkan Spurs melenggang ke partai puncak.

Ajax sebenarnya tampil dominan sejak awal pertandingan. Terbukti tim besutan Erik ten Hag tersebut mampu melesakkan gol di menit kelima. Melalui skema sepak pojok, Matthijs de Ligt yang memanfaatkan umpan ciamik dari Lasse Schoene berhasil menjebol gawang tim tamu dengan sundulan kepalanya.

Sekitar 10 menit jelang turun minum, Hakim Ziyech yang mendapatkan umpan dari Dusan Tadic menambah keunggulan bagi Ajax menjadi 2-0. Tendangan keras kaki kirinya tak mampu dibendung kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris. Keunggulan 2-0 untuk Ajax bertahan hingga babak pertama berakhir.

Namun pada babak kedua, Tottenham Hotspur seakan-akan mengamuk di kandang Ajax. Babak kedua baru berjalan 10 menit. Lucas Moura yang menerima sodoran bola dari Dele Alli berhasil menjebol gawang tuan rumah dan mengubah skor menjadi 2-1.

Amukan Lucas Moura belum berhenti. Di menit ke-76, Moura memanfaatkan kemelut di depan gawang Ajax dan berhasil mencuri bola untuk melakukan tendangan keras. Hasilnya, Moura mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Saat pertandingan di ujung waktu, tepatnya pada menit ke-95, Lucas Moura membuyarkan impian Ajax untuk tampil di final Liga Champions 2018-2019. Menerima umpan dari Dele Alli, Lucas Moura mencetak hattrick sekaligus membuat Tottenham Hotspur berbalik unggul 2-3.

Skor 2-3 untuk kemenangan Tottenham Hotspur bertahan hingga pertandingan leg kedua Babak Semifinal Liga Champions 2018-2019 itu berkahir. Tottenham Hotspur berhasil melangkah ke final dengan skor agregat 4-4 namun unggul jumlah gol tandang karena sebelumnya Ajax hanya menang 1-0 di kandang Spurs pada leg pertama.

The Lilywhites akan bertemu dengan Liverpool yang sebelumnya juga mampu comeback atas Barcelona. Dengan begitu, Babak Final Liga Champions 2018-2019 akan mempertemukan dua wakil Inggris. Pertandingan antara Liverpool dan Tottenham Hotspur dalam Babak Final Liga Champions 2018-2019 akan digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, 2 Juni 2019.