Brighton Vs Manchester City: Melawan Kutukan Juara Bertahan!

Manchester City (Reuters/Carl Recine)
12 Mei 2019 13:55 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, FALMER - Kapan kali terakhir juara Liga Premier Inggris mampu mempertahankan gelarnya? Itu terjadi pada 2009 siam alias satu dekade lalu.

Ya, sejak Manchester United meraih hattrick juara Liga Premier pada 2006/2007, 2007/2007, dan 2008/2009, tidak ada lagi juara bertahan yang mampu mempertahankan gelar di kasta sepak bola tertinggi Inggris ini. Kutukan juara bertahan Liga Inggris itu lah yang bakal dilawan Manchester City musim ini.

Tim polesan Josep "Pep" Guardiola hanya perlu selangkah lagi mempertahankan gelar Liga Premier ketika melawat ke markas Brighton & Hove Albion di The America Express Community Stadium, Falmer, Minggu (12/5/2019) pukul 21.00 WIB. City unggul sebiji poin atas Liverpool yang menjadi pesaing terberat mereka di jalur juara dalam satu laga tersisa.

Untuk meraih trofi, City tak perlu memedulikan hasil Liverpool melawan Wolverhampton pada matcweek penutup apabila mampu menundukkan Brighton. Guardiola tentu tak mau anak asuh mereka menyia-nyiakan kesempatan meraih trofi bergengsi Liga Premier ini. Apalagi, musim ini, mereka sudah kehilangan salah satu target utamanya, yakni juara Liga Champions.

"Kami melihat di Liga Champions: ketika Anda terdepak semua oranng menyalahkan tim, menyalahkan klub, menyalahkan manajer. Kami sadar dunia kami masih hidup dan saya tahu kami akan dihakimi, Anda harus menang, tentu saja. Kami akan bertandang ke Brighton dan hanya memikirkan caranya memenangi laga, itu situasi ideal dan setelah itu, kami akan berpesta atau memberi ucapan selamat kepada Liverpool," ujar Guardiola, seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk, Sabtu (11/5/2019).

City sempat tertinggal dalam pacuan gelar dengan Liverpool musim ini. Beruntung, mereka bangkit dengan tampil konsisten memenangi 13 laga secara beruntun untuk kembali memimpin pacuan gelar. Tak seperti musim lalu, City terlihat mudah mengklaim trofi sejak April. Vincent Kompany dkk. juga meroket dengan menembus 100 poin.

Sementara musim ini, Liverpool benar-benar mengusik kenyamanan The Citizens. City dan Liverpool masing-masing mengoleksi 95 poin dan 94 poin dalam satu laga tersisa. Tapi, jumlah poin yang melejit itu, belum tentu memastikan keduanya bisa meraih mahkota. Seandainya City menundukkan Brighton, maka Sergio Aguero dkk. bakal finis 98 poin, alias hanya tertinggal 2 poin dari rekor mereka musim lalu. 

Jika berkaca dengan rekor pertemuan terbaru dengan Brighton, City pantas tersenyum. David Silva cs. mampu memenangi empat laga terbaru kontra tim berjuluk The Seagulls tersebut di semua kompetisi. Khusus musim ini, City menyapu kemenangan, baik di Liga Primera maupun Piala FA.

Guardiola terancam tidak bisa turun fullteam saat melawat ke kandang Brighton. Gelandang bertahan, Fernandinho diragukan tampil karena cedera dan sedangkan gelandang kreatif, Kevin de Bruyne, hampir pasti absen karena persoalan sama.