Persis Solo Masih Butuh Stoper

Pemain Persis Solo merayakan gol (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
12 Mei 2019 15:25 WIB Ivan Andimuhtarom Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO - Klub Persis Solo terus bergerilya mencari para pemain untuk memenuhi skuat yang akan berlaga di Liga 2 Indonesia musim kompetisi 2019. Persis masih sangat membutuhkan pemain yang berposisi sebagai bek khususnya stoper.

Empat bek yang menjadi pemain kunci Persis musim lalu tak lagi bergabung musim ini. Kapten tim Soni Setiawan pindah ke PSIS Semarang. Sedangkan dua bek tengah yaitu Asyraq Gufron Ramadhan dan Ikhwan Ciptady memutuskan berkarier di PSS Sleman. Sementara Iqbal Samad yang langganan mengisi posisi bek kiri belum mendapat kepastian klub baru.

Kokohnya lini pertahanan membuat Persis tercatat sebagai klub dengan jumlah kebobolan paling sedikit kedua musim lalu. Kiper Persis musim lalu, Galih Sudaryono hanya memungut bola sebanyak 16 kali sepanjang babak penyisihan. Persis hanya kalah kalah sebiji gol dari PSS Sleman yang kebobolan 15 gol di babak penyisihan.

Sejauh ini, Persis sudah memiliki sejumlah pemain berposisi bek tengah atau stoper seperti Oky Derry Andryan, Fajar Zainul Muttaqin, Susanto, Riki Nata, dan Jodi Kustiawan. Namun, AY bersikeras merekrut stoper yang lebih matang untuk menutup lubang di sisi tengah pertahanan Laskar Sambernyawa.

Oky Derry, Fajar Zainul, dan Riki Nata belum memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi. Sedangkan Susanto, meski bisa dipasang di jantung pertahanan, sejatinya adalah pemain berposisi gelandang. Praktis, hanya Jodi Kustiawan yang bisa menjadi andalan AY.

Persis sendiri dipastikan gagal mendapatkan servis stoper Persela Lamongan, M. Zaenuri, untuk menjadi tandem Jodi. Manajemen kemudian memburu stoper Martapura FC Erwin Gutawa. Namun, upaya itupun rupanya kandas.

Pelatih Persis,Agus Yuwono, mengakui Persis masih membutuhkan tambahan tenaga untuk mengisi posisi stoper. Ia mengatakan stoper adalah pemain yang paling dicarinya saat ini. “Mudah-mudahan dapat stoper,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (11/5/2019).

“Kebutuhan kami stoper. Kami cari pemain. Perkara siapa orangnya itu nanti,” terang pelatih asal Malang tersebut.

Manajer Persis, Setiawan Muhammad, mengungkapkan Erwin Gutawa kemungkinan besar tak jadi berlabuh ke Persis. Sang pemain memilih bertahan di klub lamanya. Manajer yang akrab disapa Iwan itu mengatakan pihaknya sudah mengalihkan target ke dua stoper lain. Saat ini, mereka masih menjalin komunikasi dan lobi-lobi agar keinginan pelatih menggenapi skuat dapat terpenuhi.

Selain itu, Iwan menyatakan masih ada kesempatan bagi Persis untuk mencari pemain pinjaman dari klub Liga 1. Menurutnya, tim-tim Liga 1 memiliki kelebihan pemain khususnya pada posisi stoper untuk didaftarkan sebagai pemain reguler musim ini. “Kami juga ingin dapat pemain pinjaman dari Liga 1. Nanti tinggal nego saja nilai kontraknya,” terangnya.