Barcelona Ingin Pecat Valverde?

Ernesto Valverde (Reuters/Juan Medina)
13 Mei 2019 17:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA — Ernesto Valverde diyakini tidak akan selamat dari pemecatan setelah kegagalan Barcelona di Liga Champions. Sejumlah nama seperti Laurent Blanc, Quique Setien hingga Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, dikabarkan masuk bursa pengganti Valverde musim depan.

Manajemen Blaugrana marah besar setelah Lionel Messi dkk. membuang keunggulan 3-0 atas Liverpool di leg I semifinal dengan kalah telak 0-4 di leg II di Anfield. Hasil ini seperti mengulang kekalahan di musim sebelumnya saat Blaugrana didepak AS Roma di delapan besar sekalipun sudah menang 4-1 di leg pertama.

Barcelona memang masih bisa mengantongi dua trofi di akhir musim 2018/19 setelah mengunci gelar juara Liga Spanyol dan lolos ke final Copa del Rey. Namun, posisi Valverde sebagai pelatih Barca dalam ancaman serius. Marca menyebut masa depan Valverde diragukan setelah Presiden Barcelona, Josep Mario Bartomeu, dikabarkan tengah menggodok nama-nama pelatih baru pengganti Valverde yang kontraknya bakal habis tahun depan.

Pelatih Ajax, Erik ten Hag, diyakini menjadi pilihan pertama setelah berhasil memaksimalkan amunisi mudanya untuk mencapai semifinal Liga Champions. Ten Hag juga di ambang membawa Ajax juara Eredivisie untuk kali pertama sejak 2014. Selain itu, keberadaan pelatih berkepala plontos ini diyakini dapat memudahkan adaptasi Frenkie de Jong yang akan bergabung ke Los Cules musim depan.

Laurent Blanc juga dipercaya sedang dalam radar Barcelona. Blanc yang belum melatih lagi sejak meninggalkan Paris Saint Germain tahun 2016 punya pengalaman untuk menangani pemain berlabel bintang. Entrenador Real Betis, Quique Setien, disebut meramaikan bursa calon pelatih baru Barcelona menyusul hasil gemilangnya bersama Betis dua musim terakhir.