Selangkah Lagi, Aston Villa Promosi ke Premier League

Aston Villa (Reuters/Carl Recine)
16 Mei 2019 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, WEST BROMWICH - Aston Villa hanya butuh selangkah lagi untuk kembali mencicipi atmosfer panas di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Liga Premier Inggris.

Tim berjuluk The Villa ini lolos ke final play-off Championship setelah membungkam West Bromwich Albion lewat drama adu penalti pada leg kedua semifinal play-off Championship di The Hawthorns, West Bromwich, Rabu (15/5/2019) dini hari WIB. 

Pada leg pertama, Villa hanya menang tipis 2-1 ketika menjamu West Brom. Pada leg kedua di markas West Brom, mereka pun takluk 0-1 pada waktu normal dan dua kali babak perpanjangan waktu.

Dalam kedudukan agregat 2-2, pertandingan pun harus dilanjutkan adu penalti. Villa memenangi adu tos-tosan ini dengan skor 4-3. Pemain pinjaman dari Chelsea, Tammy Abraham, menjadi penentu kemenangan Villa pada adu penalti. The Villa bakal melenggang ke final play-off di Wembley, London, pada 27 Mei 2019 mendatang.

Villa berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan kembali ke Liga Premier. Sekitar dua tahun mereka absen di kompetisi kasta tertinggi di Inggris tersebut. Ironisnya, The Villa sudah hampir promosi musim lalu. Mereka juga lolos ke final play-off Championship, namun kalah dramatis dari Fulham di partai puncak tersebut.

"Tidak bagus kembali ke Wembley dan kembali kalah pada rintangan akhir kembali, jadi kami harus melupakan itu. Kami semua sangat lapar dan kami bakal ke sana dengan kondisi kaki yang bagus," jelas gelandang Villa, Jack Grealish, seperti dilansir Reuters.

Final play-off Championship tahun lalu menjadi pertandingan yang mengeruk keuntungan besar, hingga 170 juta poundsterling (Rp3,1 triliun). Fulham akhirnya promosi karena memenangi duel tersebut di Wembley. Namun, Fulham hanya bertahan semusim di Liga Premier, dan kembali terdegradasi ke Championship musim depan.