Final Piala FA: Sejarah Menanti Manchester City!

Bek sekaligus kapten Manchester City Vincent Kompany (kanan) merayakan gol dari tendangan geledeknya ke gawang Leuicester City di Ettihad Stadium, Manchester, Senin (6/5 - 2019). (Reuters / Jason Cairnduff)
17 Mei 2019 20:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Juara memang sudah seperti candu bagi Josep “Pep” Guardiola. Sejak meniti karier sebagai pelatih tim senior pada 2008, sudah 26 trofi yang dimenangi manajer 48 tahun itu. Jika dipersentase, Pep mampu mempersembahkan setidaknya dua gelar bagi tim yang ditanganinya setiap musim!

Pelatih berjuluk Sang Filsuf itu di ambang meraih gelar ke-27-nya saat Manchester City bersua Watford dalam final Piala FA di Wembley, Sabtu (18/5/2019) malam WIB. Sejarah besar sudah menanti The Citizens apabila sukses mengatasi perlawanan The Hornets, julukan Watford.

Dilansir OneFootball, Jumat (17/5/2019), City bakal menjadi menjadi tim Inggris pertama yang meraih treble domestik. Sebelumnya, Kevin de Bruyne dkk. telah merebut trofi Piala Liga Inggris dan Liga Premier Inggris. Guardiola mengaku tak pernah kehilangan antusiasme meski telah memenangi banyak kejuaraan.

“Ketika Anda juara, Anda mandi kemudian sudah ingin memenangi gelar berikutnya dan berikutnya lagi. Itu membuat hidup Anda lebih baik dan lebih mudah,” ujar Guardiola seperti dilansir BBC, Kamis (16/5/2019).

Peluang skuat Pep Guardiola merengkuh Piala FA terbilang terbuka lebar mengingat lawan yang mereka hadapi 'cuma' Watford. Musim ini, mereka mengakhiri musim di urutan ke-11 dengan 50 poin, berselisih 48 angka dari City yang menjadi juara. Selain itu, City juga sangat dominan kala bersua dengan Watford. Mereka selalu menang dalam enam pertemuan terakhir dengan tim yang kini dilatih Javi Gracia tersebut.

Meski lebih diunggulkan, Guardiola enggan menganggap remeh Watford. Ia menilai Troy Deeney dkk. adalah tim terbaik di luar enam besar. “Watford dan Wolves adalah tim terbaik di luar Big Six. Mereka adalah tim yang konsisten, mengandalkan fisik dan memiliki talenta hebat di lini depan,” ujar Guardiola.

Watford memiliki satu lagi senjata mematikan yakni dalam menghadapi bola mati. Dilansir Whoscored, The Hornets telah mengemas 12 gol dari situasi set piece di Liga Premier musim ini. Kapten City, Vincent Kompany, mewanti-wanti rekannya agar tak jemawa jika ingin menjemput trofi Piala FA keenam sepanjang sejarah klub. “Kami harus fokus pada upaya untuk memenangi laga.”

Sementara itu, Pelatih Watford, Javi Gracia, tak gentar meski harus bertemu City di babak final. Dia bahkan yakin bisa membekuk Raheem Sterling dkk. untuk meraih gelar perdana mereka di Piala FA. Syaratnya, Gerard Deulofeu dkk. harus memainkan performa papan atas di Wembley.

“Ini akan menjadi laga berat bagi kami karena mereka tim luar biasa, semua mengetahuinya. Namun di sepak bola, Anda selalu punya peluang. Kami hanya perlu menunjukkan yang terbaik dari kami,” ujar Gracia dilansir thefa.com, Jumat.