Hasil Liga Spanyol: La Liga Berakhir, Girona Degradasi, Valencia Masuk Zona Champions

Christian Stuani, 19 golnya tak menolong Girona selamat dari degradasi. - Reuters/Peter Nicholls
19 Mei 2019 08:10 WIB M. Syahran W. Lubis Dunia Share :

Solopos.com, JAKARTA - Girona menjadi tim ketiga yang terdegradasi dari Divisi Primer La Liga Spanyol ke Segunda setelah menyerah 1 - 2 dari Deportivo Alaves dalam pertandingan pekan ke-38 pada Minggu (19/5/2019) dini hari WIB.

Kemenangan ini mengakhiri perjalanan sembilan pertandingan liga terakhir tanpa kemenangan yang dilalui Alaves, prestasi mengecewakan setelah mereka sempat bercokol di posisi kedua pada pekan ke-10 dan berada di zona Liga Champions alias empat besar hingga pekan ke-18.

Bermain di Stadion Mendizorroza di Alava, tuan rumah unggul dua gol melalui Mubarak Wakaso 5 menit menjelang rehat dan Jonathan Calleri 7 menit menjelang laga usai, sedangkan Girona hanya bisa melesakkan sebiji gol balasan pada menit ke-83 lewat aksi Cristian Portu.

Dalam pertandingan ini, Girona tidak diperkuat ujung tombak sekaligus top skor mereka Christan Stuani. Penyerang Timnas Uruguay yang telah menjaringkan 19 gol sepanjang La Liga musim ini tersebut mesti menepi akibat dibekap cedera.

Kekalahan ini membuat Girona tertahan di peringkat ke-18 atau setrip teratas zona degradasi dengan nilai 37, berjarak 4 angka di belakang Celta Vigo di setrip terbawah atau batas aman  sehingga dipastikan turun kasta menyusul Huesca dan Rayo Vallecano.

Dua tim yang disebut terakhir berhasil meraih angka dalam pertandingan pekan terakhir, tetapi itu sama sekali tak menolong mereka keluar dari kubangan zona degradasi dan akan bermain di divisi Segunda musim depan.

Hasil pertandingan pekan ke-38 hingga Minggu dini hari WIB: Levante 2 vs Atletico Madrid 2; Espanyol 2 vs Real Sociedad 0; Getafe 2 vs Villarreal 2; Sevilla 2 vs Athletic Bilbao 0; Real Valladolid 0 vs Valencia 2; Deportivo Alaves 2 vs Girona 1; Celta Vigo 2 vs Rayo Vallecano 2; Huesca 2 vs Leganes 1.

Sumber : Reuters