Hasil Liga Italia: Tertahan Sassuolo, Roma Terancam Tak Lolos Liga Champions

Striker AS Roma Edin Dzeko. (Reuters/Albert Gea)
19 Mei 2019 08:45 WIB M. Syahran W. Lubis Dunia Share :

Solopos.com, JAKARTA - AS Roma terancam gagal lolos ke Liga Champions Eropa musim depan setelah dipaksa imbang Sassuolo tanpa gol dalam pertandingan pekan ke-37 Serie A Italia.

Bermain di Stadion Mapei, markas Sassuolo, pada Minggu (19/5/2019) dini hari WIB, pertandingan berjalan relatif berimbang dan pada akhirnya kedua tim gagal menjaringkan sebiji gol pun.

Dengan hanya mendapat 1 angka, Roma tertahan di peringkat kelima dengan 63 angka dan terancam gagal finis di posisi empat besar yang merupakan zona tiket Liga Champions Eropa musim depan.

Posisi keempat di klasemen sementara menjadi milik Atalanta dengan 65 angka. Jika Atalanta mampu 1 angka saja di kandang Juventus yang loyo setelah memastikan mempertahankan gelar—dua seri dan sekali kalah di tiga laga terakhir—maka mereka dipastikan menjadi pemegang tiket terakhir ke Liga Champions setelah Juventus dan Napoli, serta satu lagi kemungkinan besar Inter Milan.

Adapun bagi Sassuolo, hasil imbang ini tak bermakna apa pun karena telah selamat dari jurang degradasi dan di sisi lain tak lagi punya kans unbtuk finis di zona tiket kompetisi Eropa. Sassuolo kini menempati peringkat ke-10 dengan nilai 43.

Di sisi lain, Genoa di ambang degradasi setelah di kandang sendiri, Stadion Luigi Ferraris di kota pelabuhan Genoa dipaksa bermain imbang dengan skor 1 - 1 oleh tamunya Cagliari.

Genoa bahkan nyaris kalah. Tim besutan Cesare Prandelli itu tertinggal lebih dahulu dari Cagliari yang membuka skor 6 menit menjelang turun minum melalui kontribusi Leonardo Pavoletti dan baru mampu membalas dari titik penalti 3 menit menjelang laga usai yang dieksekusi Domenico Criscito.

Hasil tersebut membuat Genoa tertahan di peringkat ke-17 atau hanya satu setrip di atas zona merah degradasi dengan koleksi nilai 37 atau hanya 2 angka dari Empoli di slot teratas zona degradasi.

Artinya, apabila Empoli mampu mencatat kemenangan ketiga beruntun ketika menjamu Torino pada pekan ke-37 ini, mereka akan keluar dari zona degradasi dan menyeret masuk Genoa ke wilayah mengerikan itu.

Bagi Cagliari, hasil ini tak terlalu bermakna sebab mereka telah aman dari jangkauan jerat degradasi dan di sisi lain tak bisa lagi finis di zona kompetisi Eropa. Cagliari menempati peringkat ke-12 dengan nilai 41.

Satu pertandingan pekan ke-37 yang sudah dimainkan ialah Udinese menundukkan SPAL 3 - 2. Kemenangan itu memastikan Udinese kembali berkompetisi di Serie A musim depan, berada di peringkat ke-15 dengan nilai 40, sedangkan SPAL di slot ke-11 dengan koleksi 42 angka.

Adapun dua tim yang telah dipastikan degradasi ke Serie B ialah Frosinone (24) dan Chievo Verona (15).

Sumber : Reuters