Persebi Boyolali Datangkan Mantan Kapten Persis Solo

Bayu Andra (Solopos/M. Ferri Setiawan)
20 Mei 2019 00:25 WIB Ivan Andimuhtarom Indonesia Share :

Solopos.com, BOYOLALI - Kejutan besar datang dari klub Liga 3 Indonesia asal Soloraya, Persebi Boyolali. Tim asuhan Ahmad Sukisno tersebut menjalin kesepakatan untuk menggunakan jasa mantan bintang Persis Solo, Bayu Andra, pada musim ini.

Bayu Andra masuk ke dalam skuat Laskar Pandan Arang untuk memenuhi kuota pemain senior. Pada 15 Mei 2019, PSSI mengeluarkan surat edaran merevisi kebijakan usia pemain di skuat tim Liga 3 Indonesia.

Sebelumnya, pemain Liga 3 dibatasi maksimal lahir 1 Januari 2001 dan minimal 1 Januari 1997. Namun, dalam surat edaran nomor 1637/PGD/311/V-2019, PSSI mempersilakan klub mendaftarkan lima pemain senior dengan ketentuan maksimal tiga pemain senior didaftarkan dalam daftar susunan pemain (DSP).

Kesepakatan dua belah pihak terjadi pada Sabtu (18/5/2019) sore. Bayu Andra akan menjadi bagian dari rencana ambisius Persebi naik kasta musim depan. Bayu Andra sudah dikenal publik sepak bola khususnya di Soloraya sejak lama. Ia pernah menjadi kapten Persis Solo.

Persebi menggunakan jasanya karena pemain berusia 37 tahun itu dinilai sarat pengalaman. Pemain asli Solo itu telah malang-melintang ke berbagai klub sepak bola Tanah Air. Pemain berposisi gelandang itu tercatat pernah bermain untuk Arema Malang, Persibo Bojonegoro, PSIM Jogja, PSS Sleman, hingga PSIS Semarang.

“Kami merekrut Bayu Andra karena faktor kemampuan, senioritas, dan pengalaman,” ujar Manajer Persebi, Kukuh Hadi Atmo, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (19/5/2019).

Lelaki yang akrab disapa Tatang itu berharap faktor-faktor tersebut dapat membawa tim menjadi tim yang memiliki organisasi permainan lebih baik. Bayu Andra juga menjadi kandidat kapten tim karena ia dipercaya memiliki jiwa kepemimpinan yang besar.

Di sisi lain, kedatangan Bayu Andra menjadi semacam musibah bagi beberapa pemain lain. Persebi kemungkinan mencoret beberapa pemain yang dinilai tak kurang potensial untuk memberikan ruang bagi Bayu Andra atau pemain senior lain yang mungkin akan didatangkan. “Yang jelas ada dua pemain yang stagnan akan kami lepas. Tapi itu tergantung pelatih,” tuturnya.

Sementara itu, Bayu Andra, saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Minggu, membenarkan dirinya telah mencapai kesepakatan untuk membela Persebi musim 2019. “Semoga saya bisa membawa Persebi lebih berprestasi,” ujarnya.