Jelang Final Liga Champions, Liverpool TC di Spanyol

Pemain Liverpool. (Reuters/Scott Heppell)
21 Mei 2019 19:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MARBELLA - Tidak ada satu pun ketegangan yang tampak pada wajah-wajah pemain Liverpool sekitar 10 hari sebelum duel final Liga Champions melawan Tottenham Hotspur di Wanda Metropolitano, Madrid, 1 Juni 2019 mendatang. Justru wajah-wajah rileks yang diperlihatkan skuat polesan Jurgen Klopp tersebut.

Hal itu bisa diketahui dari foto dan video yang diunggah Liverpool ketika skuat berjuluk The Reds ini mendarat di Marbella, Spanyol, Selasa (21/5/2019) WIB. Winger Liverpool, Mohamed Salah, memancarkan senyum semringah di pelataran sebuah bangunan kuno di kota kecil yang terletak di antara Malaga dan Selat Gibraltar tersebut.

Sementara gaya lebih santai diperlihatkan Roberto Firmino. Penyerang asal Brasil itu mengenakan celana pendek dan kaus lengan pendek, serta bersandal saat tiba di kawasan Andalusia tersebut. Klopp dan anak buahnya sengaja menggelar pemusatan latihan [training camp] jauh dari Melwood, Liverpool, markas latihan mereka sehari-hari. Tepatnya di Marbella.

Sebuah kota yang hanya dihuni 140.473 penduduk dengan pancaran sinar matahari hangat dan terpaan angin sepoi-sepo dari laut Mediterania. Suasana tenang dan rileks itu yang sepertinya diharapkan Klopp agar anak buahnya dalam spirit tinggi menjelang duel mendebarkan di partai puncak Liga Champions nanti.

Sejak menundukkan Wolverhampton Wanderers 2-0 pada partai penutup Liga Premier Inggris musim ini, Sadio Mane dkk. diberi waktu bebas selama lima hari. Setelah itu, mereka kembali berkumpul untuk melakoni traning camp di Marbella selama enam hari, sebelum bertolak ke Madrid untuk bentrok final Liga Champions.

Marbella sudah menjadi langganan Liverpool untuk markas bersantai sejenak mengurangi ketegangan. Musim lalu, anak asuh Klopp juga berkunjung ke wilayah tersebut saat jeda paruh musim, sebelum bersiap menghadapi Real Madrid pada final Liga Champions 2018.

"Kami bisa berlatih keras. Kami bisa melakukan banyak hal, dalam sepak bola itu sangat intens karena Anda tidak bisa selalu berurusan dengan taktik, bergerak sedikit ke kiri, sedikit ke kanan. Anda harus mengombinasikan dan mengkreasi situasi seperti mereka dalam sebuah laga," ungkap Klopp, seperti dilansir dailymail.co.uk.

Kami sering bersama dan orang-orang mungkin bilang: Mengapa pergi ke sebuah tempat di mana Anda tetap selalu bersama?. Namun kebersamaan anak-anak berbeda, pelatih, dan saya tidak harus berpikir tentang bagaimana mereka menghabiskan waktu antara sesi satu ke sesi lainnya," imbuhnya.

Menariknya, Klopp menyertakan Naby Keita dalam skuat berusia 26 nama yang diboyongnya ke Marbella. Gelandang asal Guinea ini mengalami cedera pangkal paha. Namun, dia tetap ikut dalam rombongan Liverpool yang berangkat, Senin (20/5/2019) waktu setempat.

Pemain yang diboyong dari RB Leipzig dengan banderol 52,75 juta poundsterling tersebut diperkirakan absen hingga dua bulan setelah tersungkur saat membela Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions di markas Barcelona. Hasil pemeriksaan scan menunjukkan dirinya mengalami pecah tendon.