Tak Pernah Main, Chamberlain Tetap Kebagian Medali Liga Champions

Alex Oxlade Chamberlain (Reuters/Phil Noble)
22 Mei 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MADRID - Alex Oxlade-Chamberlain tetap akan membawa pulang medali setelah Liverpool bertemu Tottenham Hotspur pada final Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid, 1 Juni 2019 mendatang. Padahal, mantan gelandang Arsenal ini belum sekali pun bermain di Liga Champions musim ini karena menderita cedera lutut yang serius.

Musim Chambo, julukan Oxlade-Chamberlain, memang lebih banyak dihabiskan di ruang perawatan medis. Dia absen hingga 13 bulan sejak melawan AS Roma pada semifinal Liga Champions musim lalu. Pemain berusia 25 tahun ini akhirnya kembali ke lapangan saat turun menjadi pemain pengganti ketika Liverpool menundukkan Huddersfield Town 5-0, pada 26 April lalu.

Saat itu, Chambo hanya bermain 17 menit. Chambo juga hanya kebagian dua menit di lapangan membela Liverpool mengalahkan Wolverhampton Wanderers pada laga penutup musim Liga Premier di Anfield, Minggu (12/5/2019) lalu.

Chambo masih ada harapan untuk masuk dalam skuat Liverpool saat melawan Tottenham di final Liga Champions di Madrid nanti. Itu karena UEFA memutuskan menambah jumlah pemain cadangan di bench dari tujuh orang menjadi 12 orang untuk final Liga Champions, sekaligus babak pamungkas Liga Europa antara Arsenal versus Chelsea di Baku yang digelar tiga hari sebelumnya.

Aturan 12 pemain cadangan tersebut mulai diperkenalkan UEFA sejak Piala Super Eropa awal musim ini yang mempertemukan Real Madrid melawan Atletico Madrid. UEFA juga membolehkan pergantian pemain hingga empat kali (dari tiga kali) untuk masing-masing tim jika pertandingan dilalui lewat babak extra time.

Nah, peluang Chambo masuk skuat Liverpool sekaligus mendapat kalungan medali di final Liga Champions terbuka lebar. Selama ini, Klopp hanya menyiapkan tujuh pemain cadangan di bench. Dia justru malah "pusing" jika diminta menyediakan 12 orang di bench.

Klopp tidak hanya akan memasukkan Chambo, Adam Lallana, Alberto Moreno, Daniel Sturridge, dan Rhian Brewster dalam daftar pemain cadangan itu. Dia juga akan "memaksa" pemain minim jam terbang, seperti Ben Woodburn, Curtis Jones, dan Rafa Camacho memenuhi bench The Reds di Wanda Metropolitano nanti.

Masalahnya, apa jenis medali yang akan diterima Chambo dkk.? Itu jelas tergantung dari hasil yang diperoleh timnya di lapangan. Jika Liverpool mampu mengalahkan Spurs, berarti anak asuh Klopp, baik yang bermain di lapangan atau hanya duduk manis di bench bakal menerima medali emas.

Sedangkan jika kalah, mereka akan mengantongi medali perak. UEFA pun telah menyediakan 40 medali emas untuk tim juara, serta 40 medali perak untuk tim runner-up.