Liga 3: PSSI Segera Verifikasi Kelayakan Stadion

Kondisi rumput lapangan di Stadion Pandan Arang, awal Mei lalu. Kini rumput stadion sudah mulai tumbuh merata setelah pemeliharaan dan siap menjalani verifikasi stadion oleh PSSI. (Istimewa)
22 Mei 2019 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Asprov PSSI Jawa Tengah (Jateng) segera melakukan verifikasi terhadap 20 stadion peserta Liga 3 zona Jawa Tengah 2019. Asprov mewanti-wanti klub benar-benar memperhatikan kelengkapan fasilitas demi keamanan dan kenyamanan pertandingan. Rencananya, proses verifikasi bakal digelar sejak pertengahan Mei hingga 18 Juni 2019.

Di Soloraya, ada dua klub yang memastikan diri tampil di kompetisi yakni PSISra Sragen dan Persebi Boyolali. PSISra seperti biasa bakal bermarkas di Stadion Taruna, Sragen, sedangkan Persebi tetap bermarkas di Stadion Pandan Arang setelah batal hijrah ke Stadion Trikoyo, Klaten.

Kondisi Stadion Taruna sendiri sejatinya masih kurang layak. Genangan kerap muncul di sejumlah titik apabila hujan deras mengguyur lapangan hijau. Sejumlah laga yang digelar di Stadion Taruna pun sempat dihentikan lantaran buruknya drainase. Kondisi itu masih diperparah kurangnya fasilitas penunjang seperti ruang ganti pemain.

Stadion Pandan Arang pun setali tiga uang, apalagi setelah stadion tersebut direncanakan diubah menjadi pusat perbelanjaan. Kondisi rumput lapangan menjadi kurang terawat. Lapangan pun cenderung bergelombang sehingga menyulitkan pemain saat menggiring bola. Namun belakangan sudah ada pembenahan sehingga stadion lebih layak pakai.

Anggota Komite Kompetisi Asprov PSSI Jateng, Fani Adi Nugroho, bakal memastikan semua stadion di Liga 3 zona Jateng sudah memenuhi persyaratan keamanan dan kenyamanan. Pihak Asprov maupun operator kompetisi, imbuhnya, akan meninjau langsung lokasi untuk mengecek kelayakan stadion.

“Kami minta semua klub bisa memahami langkah ini [verifikasi stadion]. Semuanya untuk keamanan dan kenyamanan pertandingan,” ujarnya kepada Solopos.com, Selasa (21/5/2019).

Dalam waktu dekat, Asprov segera menunjuk operator yang akan menjadi koordinator dan panpel kompetisi. Fani menargetkan pekan ini semua klub sudah memiliki personel operator masing-masing. “Jadi lebih memudahkan untuk koordinasi,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Persebi, Romadhona, menilai Stadion Pandan Arang sudah siap untuk menggelar pertandingan Liga 3. Pihaknya mengatakan proses pembenahan lapangan serta pemasangan gawang sudah rampung dilakukan. “Perbaikan sudah selesai. Tinggal pemeliharaan rutin saja,” ujarnya.