Godaan Klopp & Pochettino Jelang Final Liga Champions

Jurgen Klopp (Reuters/Andrew Boyers)
23 Mei 2019 14:55 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MADRID - Tangan dingin Jurgen Klopp dan Mauricio Pochettino terbukti ampuh musim ini. Dua pelatih beda usia empat tahun ini membawa tim mereka masing-masing ke final Liga Champions.

Klopp bahkan membawa Liverpool lolos ke final Liga Champions secara back-to-back. Sedangkan Pochettino mengantar Tottenhan Hotspur menembus partai puncak Liga Champions untuk kali pertama sepanjang sejarah klub asal London Utara itu. Hanya, tidak ada yang bisa menjamin Klopp dan Pochettino bakal bertahan di klub mereka masing-masing musim depan.

Sekitar 9 hari menjelang final Liga Champions di Wanda Metropolitano Stadium, Madrid, dua pelatih ini sama-sama dirumorkan menjadi incaran klub-klub besar. Salah satunya, Juventus, yang berambisi menghentikan paceklik gelar Liga Champions sejak 1995/1996 tersebut.

La Vechia Signora, julukan Juve, kepincut dengan dua pelatih ini untuk menggantikan Massimiliano Allegri yang memutuskan lengser akhir musim ini. Klopp dan Pochettino digadang-gadang masuk daftar bidikan Juve, selain Josep "Pep" Guardiola, Maurizio Sarri, hingga Antonio Conte.

Media-media Italia sontak ramai memberitakan ambisi Juve mencari pengganti Allegri tersebut. Bahkan, Tutto Sport, mewawancarai sepupu Pochettino, Daniele, tentang kemungkinan pelatih asal Argentina tersebut merapat ke Turin musim depan.

"Menurut pandanganku, [penunjukkan Pochettino menggantikan Allegri] sangat memungkinkan, karena Maricio adalah pelatih yang membuktikan dia paham bagaimana bekerja dengan baik dan menembus final bersama Tottenham, itu contoh jelasnya. Jika dia mempertahankan timnya bermain sepertin itu, ini musim yang tepat untuknya juara," ujar Daniele kepada Tutto Sport, seperti dilansir mirror.co.uk, Rabu (22/5/2019).

Di Spurs, Pochettino masih terikat kontrak hingga 2023. Menurut The Times, dia digaji hingga 8,5 juta poundsterling (Rp156,14 miliar) per musim. Sementara itu, kontrak Klopp bersama Liverpool baru habis 2022 mendatang dengan gaji 7 juta poundsterling (Rp128,5 miliar) per musim.

Hanya, Juve tidak bisa asal comot jika ingin mendapatkan jasa Klopp. Sebab ada syarat klausul pelepasan dalam kontrak eks juru taktik Borussia Dortmund ini. Juve harus membayar klausul pelepasan Klopp yang mencapai 32 juta poundsterling (Rp587,8 miliar), kepada Liverpool jika ingin menggaetnya ke Turin.