Final Liga Europa: Ujian Profesionalitas Petr Cech

Petr Cech (Reuters/Scott Heppell)
29 Mei 2019 00:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BAKU - Petr Cech atau Bernd Leno? Itulah pertanyaan yang membuat penasaran tentang kiper yang bakal dimainkan sebagai starter di skuat Arsenal ketika bertemu Chelsea pada final Liga Europa, di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) pukul 02.00 WIB.

Pelatih Arsenal, Unai Emery, memang memainkan Cech secara reguler selama di Liga Europa. Sedangkan di Liga Premier Inggris, Emery lebih memilih menurunkan Leno di bawah mistar gawang timnya. 

Emery bisa saja tetap konsisten memainkan Cech di partai pamungkas Liga Europa. Hanya, isu konflik kepentingan yang mendera Cech belakangan ini bisa memaksa Emery menempatkan kiper asal Rep. Cheska itu ke bangku cadangan dan memilih menurunkan Leno sebagai starter.

Cech disebut-sebut tengah ditawari mantan klubnya, Chelsea ,untuk menjadi direktur olahraga setelah pensiun nanti. Beberapa waktu lalu, kiper berusia 37 tahun ini telah mengumumkan melepaskan jersey Arsenal akhir musim ini. Laga final Liga Europa pun seharusnya menjadi perpisahan manis bagi Cech jika dirinya bisa memperkuat Arsenal plus membawa tim London Utara ini juara.

Mantan Kiper Arsenal, David Seaman, sendiri menyarankan mantan klubnya tersebut tidak memainkan Cech pada babak pamungkas Liga Europa. Apalagi, penampilan Leno lebih konsisten karena mengumpulkan menit tampil yang lebih banyak di semua kompetisi musim ini ketimbang Cech.

"Satu-satunya hal yang saya pikirkan, Arsenal benar-benar membutuhkan ini [gelar Liga Europa], mereka memerlukan ini dibandingkan Chelsea. Mereka perlu lolos ke Liga Champions dan saya selalu bermain dengan tim terkuat. Itu artinya Leno, namun saya yakin Cech yang akan main karena itu laga terakhirnya," jelas Seaman, seperti dilansir skysport.com, Selasa (28/5/2019).

Seaman memfavoritkan Leno ketimbang Cech semata-mata karena persoalan teknis. Dia sendiri tidak yakin dengan konflik kepentingan yang dikaitkan dengan Cech. "Belum ada yang dikonfirmasi, jadi jika Petr main saya tidak akan cemas sama sekali. Dia benar-benar profesional dan meski dia akan bergabung dengan Chelasea, itu tidak akan membedakan penampilannya," jelas dia.

Leno sendiri berharap dirinya yang bakal dimainkan di Baku. Bukan lantaran dia tak menghormati Cech, akan tetapi sudah sewajarnya sebagai olahragawan sejati, dia mengincar laga spesial sekelas final Liga Europa. 

"Saya sangat menghormati Petr, dan kami mendukung satu sama lain. Dia layak mendapat semua kredit dan saya memperlakukannya dengan baik, tapi jelas sekali saya seorang atlet, saya ingin selalu main, khususnya di sebuah laga final," ungkap Leno, seperti dikutip mirror.co.uk.