Trofi Jadi Salam Perpisahan Hazard & Sarri?

Maurizio Sarri dan Eden Hazard (Reuters/Lee Smith)
30 Mei 2019 23:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, BAKU — Chelsea mengakhiri performa roller coaster mereka musim ini dengan klimaks lewat trofi Liga Europa seusai mengalahkan Arsenal dengan skor 4-1 di Baku Olympic Stadium, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Namun kegembiraan The Blues boleh jadi hanya akan berlangsung beberapa hari. Chelsea di ambang kehilangan dua sosok vitalnya yakni Pelatih Maurizio Sarri dan sang bintang, Eden Hazard.

Hazard sendiri sudah lama dikabarkan bakal berseragam Real Madrid musim depan. Seusai final Liga Europa, pencetak dua gol ke gawang Arsenal tersebut kembali mengirimkan sinyal akan hijrah dari Stamford Bridge. Namun kehilangan Sarri yang baru saja meraih gelar perdananya selama 29 tahun berkarier di dunia kepelatihan mungkin belum terbayangkan fans Chelsea.

Dilansir Daily Mail, Kamis, Juventus dikabarkan serius mendekati Sarri sebagai pengganti Massimiliano Allegri untuk musim depan. Bianconeri bahkan sudah menyiapkan dana 5 juta poundsterling untuk menebus Sarri dari The Blues. Hal itu mengemuka seiring pertemuan Presiden Juventus, Andrea Agnelli, dengan Chairman Chelsea, Bruce Buck, di sebuah hotel di Baku sebelum final Liga Europa. 

Agnelli dikabarkan segera bernegosiasi dengan Sarri serta Direktur Chelsea, Marina Granovskaia, untuk memastikan kontrak tersebut. Sarri disebut bakal digaji senilai 6,2 juta poundsterling (Rp112 miliar) dengan kontrak selama tiga tahun.

Yang menarik, sang pelatih justru mengisyaratkan ingin bertahan lebih lama di London. Manajer 60 tahun ini menilai dirinya cukup layak menangani The Blues meski sempat inkonsisten di kompetisi domestik. Pendekatan Sarriball yakni sepak bola yang mengandalkan umpan pendek serta pergerakan tanpa bola tak cukup berjalan di musim perdana sang pelatih. Namun Chelsea akhirnya finis ketiga di belakang Manchester City dan Liverpool. Mateo Kovacic dkk. juga mencapai final Piala Liga meski kalah dari City. 

“Saya menyukai Liga Premier dan saya beruntung bisa ada di Chelsea. Namun pada tiap akhir musim Anda harus duduk dan bicara. Menurut saya, saya layak untuk bertahan di Chelsea, tapi pendapat saya saja tak cukup,” ujar mantan Pelatih Napoli tersebut.

Sejumlah pemain seperti David Luiz mendukung Sarri meneruskan pekerjaannya di Chelsea. Menurut dia, Chelsea telah banyak berkembang di bawah asuhan Sarri. “Saya kira pelatih melakukan pekerjaan luar biasa. Dia melakukan banyak hal hebat untuk klub ini,” ujar Luiz.