Hasil Kualifikasi Euro: Italia & Belgia Menang Besar, Prancis Digebuk Turki

Para pemain Turki merayakan kemenangan atas Prancis di kualifikasi Euro 2020. - Reuters/Umit Bektas
09 Juni 2019 14:10 WIB M. Syahran W. Lubis Dunia Share :

Solopos.com, JAKARTA - Turki menundukkan juara Piala Dunia 2018 Prancis untuk membuat kejutan besar menempatkan negara yang secara geografis lebih tepat berada di Asia itu memimpin Grup H kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2010.

Dalam pertandingan pekan ketiga di Konya, Turki, pada Minggu (9/6/2019) dini hari WIB, kedua gol tuan rumah dilesakkan pada babak pertama. Kaan Ayhan membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-30 dan 10 menit berikutnya giliran Cengiz Under yang menggandakan keunggulan anak asuh pelatih Senol Gunes. Dengan hasil itu, Turki memimpin  klasemen sementara Grup H dengan koleksi 9 angka, sedangkan Prancis di posisi kedua dengan nilai 6.

Hasil pertandingan pekan ketiga lainnya di Grup H Islandia menundukkan Albania 1-0, skor serupa juga terjadi ketika Moldova mengatasi Andorra. Dengan hasil tiga laga tersebut, Islandia dengan nilai 6 mengisi slot ketiga, diikuti Albania dan Moldova 3, serta Andorra di dasar klasemen tanpa nilai.

Hasil penting lainnya di pekan ketiga terjadi ketika Italia dan Belgia menang 3 - 0, serta Jerman menang 2 - 0. Di Brussels di Grup I, tuan rumah Belgia menggasak Kazakhstan 3 - 0. Ketiga gol tuan rumah berjuluk Iblis Merah dicetak Dries Mertens (11’), Timoty Castagne (14’), dan Romelu Lukaku (50’).

Dalam pertandingan lainnya di Grup I, Rusia menghabisi tim lemah San Marino 9 - 0, sedangkan Skotlandia menang 2 - 1 atas Siprus.

Dengan hasil tiga pertandingan itu, Belgia memimpin klasemen sementara Grup I dengan nilai 9, diikuti Rusia dan Skorlandia masing-masing 6, Siprus dan Kazakhstan masing-masing 3, serta San Marino terbenam di dasar klasemen nihil nilai.

Sementara itu, Italia mencatat kemenangan atas tuan rumah Yunani 3 - 0 di Grup J di Athena. Tiga gol tamu dihasilkan pada babak pertama melalui Nivolo Varella (23’), Lorenzo Insigne (30’;), dan Leonardo Bonucci (33’).

Dua pertandingan lainnya di Grup J, Armenia juga menang 3 - 0 atas Liechtenstein serta Finlandia mengatasi Bosnia-Herzegovina 2 - 0.

Dengan hasil tiuga laga itu, Italia teratas di klsaemen Grup J dengan nilai sempurna 9, diikuti Finlandia 6, Bosnia-Herzegovina 4, Yunani 4, Armenia 3, dan Liechtenstein 0.

Tim kuat lain yang menang di pekan ketiga ini ialah Jerman yang di Grup C menaklukkan tuan rumah Belarusia di Borisov 2 - 0 berkat gol-gol Leroy Aziz Sane (12’) dan Marco Reus (62’).

Hasil laga lain di Grup C, Irlandia Utara menang 2 - 1 atas tuan rumah Estonia sehingga Irlandia Utara memimpin klasemen dengan nilai 9, diikuti Jerman 6, Belanda 3, serta Estonia dan Belarusia 0.

Sumber : Reuters