Persis Solo Tambah Pemain Baru pada Putaran Kedua

Peserta seleksi tim Persis Solo unjuk kemampuan di Stadion Sriwedari, Solo, Rabu (13/2 - 2019). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
12 Juni 2019 16:45 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Persis Solo mengirim sinyal tidak akan menambah pemain baru dalam waktu dekat. Laskar Sambernyawa disebut baru berencana mendatangkan pemain gres di putaran kedua meski saat ini hanya memiliki 22 penggawa dalam skuat. Kelompok pendukung Persis yang tergabung dalam Pasoepati mendesak manajemen segera mendatangkan pemain baru untuk membentuk komposisi tim ideal.

Sejumlah sumber di internal Persis membeberkan tim baru akan bergerak kembali di bursa transfer jelang putaran kedua, akhir Agustus. Sinyal nihilnya pemain anyar juga terlihat saat Pelatih Persis, Agus Yuwono, memilih mengoptimalkan pemain yang ada alih-alih memburu pemain baru jelang bergulirnya kompetisi.

Presiden Pasoepati, Aulia Haryo Suryo, menilai keberadaan 22 pemain di tim masih belum ideal untuk mengarungi kerasnya persaingan di Liga 2 2019. Apalagi Jodi Kustiawan dkk. bakal menjalani laga padat sepanjang bulan Juli. Lelaki yang akrab disapa Rio ini mendesak manajemen memprioritaskan perekrutan pemain sebelum musim bergulir. 

“Kami dengar dari Pak Dedy M. Lawe [Sekjen Persis] katanya [tambahan pemain] memang baru di putaran kedua. Menurut kami, perekrutan pemain mendesak sejak putaran pertama,” ujar Rio saat dihubungi Solopos.com, Selasa (11/6/2019).

Pihaknya menilai idealnya Persis memiliki 24 pemain atau sesuai slot yang diberikan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Menurut Rio, kuota tersisa bisa diisi bek tengah dan striker baru. Kedua posisi tersebut dinilai paling krusial untuk penambahan pemain. Sejauh ini Persis hanya memiliki tiga striker murni yakni M. Isa, Ugiek Sugiyanto dan Dimas Galih. 

Adapun di posisi stoper Persis baru punya Jodi Kustiawan, Wahyu Kristanto dan Fajar Zainul Muttaqin. Jantung pertahanan Persis rawan kedodoran apabila salah satu dari Jodi atau Wahyu absen. Performa Fajar sejauh ini belum terlalu meyakinkan. “Kalau memang berniat promosi, kekuatan skuat harus lengkap. Komposisi 22 pemain kami kira belum ideal,” tegas Rio.

Sekjen Persis, Dedy M. Lawe, membenarkan baru bisa menambah pemain di putaran kedua. Penambahan tersebut sekaligus menjadi evaluasi pemain di putaran pertama. “Rencanaya begitu, “ ujarnya Selasa malam. 

Pelatih Persis, Agus Yuwono, mengakui skuat timnya sangat terbatas. Dia cukup khawatir dengan performa tim apabila ada sejumlah pemain yang cedera atau terkena akumulasi kartu. Terbatasnya skuat juga menyulitkan tim untuk menggelar game saat latihan. 

Pada latihan terakhir, Selasa, gelandang Ilhamul Irhaz harus berlatih terpisah karena mengalami cedera ringan. Adapun Dedi Tri Maulana dan Wirabuana “Vandy” Prayogo sudah bergabung dengan tim setelah absen dalam latihan Senin (10/6/2019) lalu.