Persis Solo Intip Peluang Uji Coba Lawan Tim Liga 1

Agus Yuwono (Solopos/Ivan Andimuhtarom)
12 Juni 2019 18:45 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, BOYOLALI — Agenda uji coba dengan tim selevel menjadi bidikan utama Persis Solo jelang kick off Liga 2 2019, 22 Juni. Pelatih Persis, Agus Yuwono, menegaskan laga ekshibisi dengan tim berkualitas sangat krusial untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak asuhnya. Saking pentingnya agenda tersebut, Agus masih mengintip peluang menggelar uji coba melawan klub Liga 1.

Duel ekshibisi dengan tim kasta tertinggi memang memungkinkan karena mereka baru kembali berkompetisi pekan depan. Rata-rata tim Liga 1 baru bermain tanggal 21-23 Juni 2019 atau hampir bersamaan dengan kick off Liga 2. Dijumpai wartawan seusai memimpin latihan Persis di Lapangan Dibal, Ngemplak, Selasa (11/6/2019), Agus Yuwono mengakui timnya kekurangan uji coba dengan tim selevel. 

Persis tercatat baru dua kali menggelar ekshibisi dengan tim yang berkekuatan relatif seimbang yakni Sriwijaya FC dan Persik Kediri. Sisanya Persis hanya berujicoba melawan tim Liga 3 dan tim lokal Solo. “Ini sudah berkejaran dengan waktu kompetisi. Sangat penting untuk menggelar game dengan tim selevel atau dari Liga 1,” ujar eks Pelatih Perseru Serui itu.

Menurut Agus, tawaran uji coba dari tim selevel sebenarnya cukup banyak yang masuk meja Persis. Namun pihaknya harus menunggu persetujuan manajemen untuk menerima tawaran tersebut. 

Pelatih asal Malang itu berharap ada sejumlah uji coba pada dua pekan jelang kick off kompetisi. “Bagaimana kami mau mengukur progress latihan jika tidak ada lawan seimbang,” kata dia.

Kesulitan menggelar uji coba jelang kompetisi sebenarnya bukan hal baru bagi Laskar Sambernyawa. Beberapa musim lalu Persis juga sulit menggelar ekshibisi bergengsi karena problem persetujuan dari manajemen pusat di Jakarta. 

Musim ini Persis sudah batal berujicoba dengan PSCS Cilacap dan Persewar Waropen. Sayangnya manajemen tak segera bergerak cepat untuk mencari tim pengganti.