Kualifikasi Piala Eropa: Italia Masih Sempurna

Italia (Reuters/Massimo Pinca)
13 Juni 2019 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, TURIN - Italia berhasil mengatasi rasa gugup mereka ketika menaklukkan Bosnia Herzegovina dengan skor 2-1 pada Grup J Kualifikasi Euro 2020 di Allianz Stadium, Turin, Rabu (12/6/2019) dini hari WIB.

Gawang Italia dikejutkan gol Edin Dzeko pada menit ke-37. Gol penyerang AS Roma itu diciptakan lewat counter-attack yang memaksa Italia tertinggal 0-1 sebelum jeda turun minum. Dalam kondisi tertinggal itu, Azzurri tidak menyerah. Pada babak kedua, pasukan polesan Roberto Mancini bangkit dan membalas dua gol masing-masing lewat tendangan voli sensasional Lorenzo Insigne dan gol Marco Verratti.

"Ini bukan penampilan terbaik kami, namun kami berjuang keras, kami bemain sebagai sebuah tim dan menyerah bukanlah DNA kami," ujar Insigne kepada Rai Sport, seperti dikutip football-italia.net.

Insigne tak hanya menyokong gol balasan yang dilesakkan dengan indah. Pemilik jersey No. 10 Italia tersebut juga menjadi pendonor assist atas gol kedua Azzurri yang dicetak Verratti.

"Tanggung jawab besar mengenakan jersey No. 10 untuk Italia, namun saya berusaha menjadikan ini sebagai antusiasme dan bermain dengan baik bersama rekan-rekan setimku," urai Insigne.

Italia menuruskan rekor sempurna mereka dalam empat laga di Grup J. Azzurri menempati puncak klasemen sementara dengan keunggulan tiga poin dari Finlandia yang menjadi pesaing terdekat mereka.

"Semua laga berat, terutama saat akhir musim. Bosnia dipenuhi pemain bertalenta secara teknik, jadi kami sudah sadar laga ini akan berlangsung sulit. Kami dominan setelah jeda dan kami layak menang," jelas Mancini.

Berbeda dengan Mancini, Dzeko menilai timnya pantas mendapat hasil lebih baik. "Hasilnya menyedihkan, karena kami jelas-jelas bisa berbuat lebih dan skor imbang seharusnya jadi hasil yang adil," ujar Dzeko.