Keren! Kiper Pasoepati Football Academy Dipanggil Timnas U-19

Hamas Arya Pamungkas (istimewa)
13 Juni 2019 17:55 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SUKOHARJO — Timnas Indonesia U-19 memanggil penjaga gawang Pasoepati Football Academy (PFA) Sukoharjo, Hamas Arya Pamungkas, untuk mengikuti seleksi tim di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, 11-18 Juni 2019. Hamas akan bersaing dengan kiper Timnas U-19 yang telah mapan sebelumnya seperti Ernando Ari Sutaryadi dan Risky Muhammad Sudirman.

Ada sekitar 30-an pemain yang dipanggil Fakhri Husaini untuk mengikuti pemusatan latihan dan seleksi tahap kedua di Cikarang. Tim disiapkan untuk mengikuti Piala AFF U-18 pada 5-18 Agustus 2019 di Vietnam, serta Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober 2019 mendatang. Di posisi kiper, ada empat pemain yang dipanggil sang pelatih termasuk Hamas.

Pemanggilan Hamas ke Timnas sejatinya tak terlalu mengejutkan mengingat potensi yang telah ditunjukkannya sejak berada di PFA U-15. Saat itu, pemain kelahiran Wonogiri tersebut menjadi bagian tim saat menjuarai Piala Soeratin U-15 2017 zona Jawa Tengah.

Timnas kian kepincut dengan performa pemain 17 tahun tersebut ketika dirinya dipinjamkan ke Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, Ponorogo, untuk ajang Liga Santri Nusantara (LSN) 2018. Meski hanya mampu membawa timnya mencapai babak 16 besar, penampilan Hamas di bawah mistar gawang menuai pujian.

Manajer PFA Sukoharjo, Dwi Joko Prihatin, mengaku bangga salah satu anak asuhnya bisa berkesempatan mengikuti seleksi di Timnas U-19. Menurut Dwi, Hamas memang kiper muda potensial yang masih bisa terus berkembang. Dwi Joko mewanti-wanti anak asuhnya tak ciut nyali saat bersaing dengan kiper seleksi lain yang sudah punya nama seperti Ernando dan Risky. “Asal disiplin dan tak cepat berpuas diri, saya yakin dia akan menjadi kiper yang tangguh,” ujar Dwi saat dihubungi Solopos.com, Rabu (12/6/2019).

Sementara itu, Hamas membenarkan tengah mengikuti seleksi di bawah pimpinan Fakhri Husaini. Hamas bertolak ke Cikarang sejak Senin (10/6/2019) untuk memenuhi panggilan Timnas. Dia berharap bisa menggali pengalaman sebanyak-banyaknya saat mengikuti pemusatan latihan. “Saya akan memberikan yang terbaik.”

Dilansir pssi.org, nama-nama yang dipanggil Fakhri sebagian besar adalah alumni pemain Timnas U-16. Sejumlah pemain seleksi lain adalah jebolan Garuda Selection yang diberangkatkan ke Inggris. Menurut Fakhri, ada 12 pemain baru yang dipanggil untuk menambah alternatif pilihannya.

“Mengenai nama-nama baru, saya rasa mereka memiliki potensi. Kalau tidak waspada, pemain [yang sudah punya nama] bisa saja tergantikan.”