Persis Solo Berencana Pensiunkan Nomor 17 untuk Ferry Anto

Ferry Anto (dok./Solopos)
03 Juli 2019 20:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Persis Solo berencana memensiunkan nomor punggung 17 yang dulu pernah dikenakan striker Ferry Anto.

Upaya itu sebagai bentuk penghormatan tim untuk Ferry Anto yang telah banyak berjasa saat membela Laskar Sambernyawa. Namun langkah tersebut kemungkinan besar baru akan direalisasikan musim depan karena nomor 17 sudah telanjur dipakai gelandang Persis, Dwi Cahyono, di Liga 2 2019.

Sebagai informasi, Ferry Anto hingga kini belum ditemukan setelah dikabarkan hilang tersapu ombak di Pantai Baru, Srandakan, Bantul, 20 Juni. Sejauh ini baru putri Ferry Anto, Freya Fajrina Dwi Saputri, yang ditemukan dalam kondisi meninggal pada 22 Juni.

Petugas sendiri sudah mengakhiri operasi pencarian terhadap Ferry Anto pada 26 Juni. Namun keluarga masih berharap Ferry Anto dapat ditemukan dalam kondisi apapun. Sekjen Persis Solo, Dedi M. Lawe, menilai Ferry Anto adalah sosok yang tak tergantikan di mata suporter Laskar Sambernyawa. Meski belum pernah bekerjasama secara langsung, Dedi menilai Ferry Anto adalah sosok pemain yang layak diteladani loyalitas dan totalitasnya pada tim.

Pihaknya pun berencana memensiunkan nomor 17 yang selalu dikenakan Ferry Anto saat membela Persis. “Biarlah nomor 17 menjadi memori pengingat kita pada Ferry Anto, jadi kenangannya Ferry Anto,” ujar Dedi saat berbincang dengan Solopos.com, di sebuah kafe di bilangan Laweyan, Selasa (2/7/2019) malam.

Ferry Anto memang sedikit berbeda dibanding rata-rata striker yang biasa meminta nomor sembilan atau 10 di punggungnya. Dia memilih nomor 17 karena terinspirasi mantan penyerang Juventus, David Trezeguet, yang juga memakai nomor tersebut.

Dedi mengakui upaya memensiunkan nomor punggung 17 tak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena nomor itu sudah dipakai gelandang Persis, Dwi Cahyono. Namun pihaknya menjanjikan nomor 17 akan abadi menjadi milik Ferry Anto mulai musim depan.

“Dwi Cahyono pun sudah saya beri pesan khusus agar jangan sampai mencederai nomor tersebut,” ujar Dedi.

Kelompok suporter Persis yang tergabung dalam Surakartans mendukung langkah Persis yang berencana mengabadikan nomor 17 untuk Ferry Anto. Perwakilan Surakartans, Adith, mengatakan loyalitas Ferry Anto terhadap Persis sudah mendarah daging.

Menurut Adith, pemain yang dulunya dijuluki El Tigre itu sangat layak mendapatkan penghormatan dari klub. “Kiprah Ferry Anto memang layak diapresiasi dengan memensiunkan nomor kebanggaannya,” ujar dia.