Balik ke Juve, Buffon Jadi Nomor 2?

Gianluigi Buffon (Reuters/Massimo Pinca)
05 Juli 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, TURIN - Bukan hanya Frank Lampard, legenda yang akhirnya pulang ke klub yang membesarkan kariernya. Gianluigi Buffon juga memutuskan kembali ke Juventus meski baru semusim meninggalkan rakasasa Turin ini.

Bedanya, Buffon kembali ke Juventus tetap sebagai pemain. Kiper berusia 41 tahun tersebut tiba di Turin, Kamis (4/7/2019) pagi waktu setempat dan langsung melakoni tes medis untuk melengkapi reuni emosionalnya bersama La Vecchia Signora, julukan Juventus.

Kedatangan Buffon mendapat sambutan fans Juve di Turin. Mantan penjaga gawang Timnas Italia ini sebelumnya telah menghabiskan karier selama 17 tahun dan mencatat 656 penampilan bersama La Vecchia Signora. Namun akhir musim 2017/2018, Buffon membuat keputusan mengejutkan dengan bergabung ke Paris Saint Germain (PSG).

Saat itu, Buffon meninggalkan Juve ke PSG karena berambisi memburu trofi yang belum pernah diraih dalam karier profesionalnya. Trofi itu tidak lain Liga Champions. Berbagai gelar bergengsi memang sudah dikoleksi Buffon, termasuk titel Piala Dunia bersama Timnas Italia pada 2006. Kiper berjuluk Superman ini sangat penasaran meraih titel Liga Champions sebelum dirinya gantung sarung tangan.

Namun, selama semusim di PSG, impian Buffon meraih gelar Liga Champions tidak terwujud. Tim yang bercokol di Paris itu tersengkir dari babak 16 besar musim lalu. Buffon pun kembali memupuk harapan untuk bisa meraih titel Liga Champions pertama dalam kariernya dengan balik kucing ke Juventus musim ini. Seperti dilansir washingtonpost.com, Kamis, Buffon diikat kontrak berdurasi setahun dengan nilai 1,5 juta euro (Rp23,9 miliar).

Namun, Buffon kali ini tidak akan mudah menguasai posisi kiper nomor satu di skuat Bianconeri, julukan lain Juve. Dia memang pergi dari Juve dengan status kiper nomor satu pada 2018 lalu. Tapi kali ini Buffon harus rela menjadi nomor dua alias kiper cadangan.

Seperti dilansir dailymail.co.uk, Buffon akan menjadi deputi kiper nomor satu Juve musim lalu, Wojciech Szczesny. Sementara kiper nomor dua Bianconeri musim lalu, Mattia Perin, bakal hengkang ke klub lain.