Diperkenalkan Barcelona, De Jong: Kini Messi Rekan Setimku

Frenkie De Jong (Reuters/Albert Gea)
05 Juli 2019 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA - Pada 30 Desember 2015. Frenkie de Jong duduk di salah satu kursi penonton saat Barcelona menggulung Real Betis 4-0 di Stadion Camp Nou. Saat itu, De Jong rela terbang dari Belanda ke Spanyol demi menyaksikan langsung pertandingan tim idolanya di Camp Nou.

De Jong datang dengan status fans Barca. wajahnya berbinar-binar ketika Barca polesan Luis Enrique membantai Betis empat gol tanpa balas, dengan perincian dua gol dari Luis Suarez, satu gol dari Lionel Messi, dan gol bunuh diri pemain Betis, Westermann.

Siapa sangka, empat tahun kemudian, De Jong kembali ke Camp Nou dengan status sebagai pemain baru Barcelona. Dia diperkenalkan secara resmi sebagai pemain Barca, Kamis (4/7/2019) waktu setempat. Sehari setelah itu, perkenalan dilakukan secara terbuka di hadapan pendukung raksasa Catalan di Camp Nou, Jumat (5/7/2019) waktu setempat.

Januari lalu, Barca tidak perlu repot-repot untuk meyakinkan De Jong agar merapat ke Camp Nou karena sang gelandang sudah mencintai klub raksasa Catalan sejak dirinya belum menjadi pemain resmi. Kesepakatan pun sudah dibuat jauh-jauh hari.

Dia dilego ke Camp Nou dengan banderol 75 juta euro (Rp1,19 triliun), plus opsi meningkatan harga 11 juta euro (Rp174,7 miliar) tergantung penampilannya nanti. Senyuman sontak selalu menghiasai wajah pemain yang disebut-sebut sebagai titisan Johan Cruyff tersebut di Camp Nou. Bisa jadi, dia masih belum percaya akhirnya bisa memperkuat klub impiannya sejak lama.

"Bermain untuk Barcelona telah menjadi sebuah mimpi bagiku sejak saya kecil. Saya suka haya permainan Barcelona, filosofi Barca dan Ajax Amsterdam sama. Saya pikir saya akan menikmati waktuku di sini," jelas De Jong, seperti dilansir tribuna.com.

De Jong bakal bermain dengan bintang-bintang Barca yang tidak lain merupakan idolanya. Lionel Messi merupakan salah satunya. "Ada banyak pemain hebat di sini dan saya harap saya bisa menjadi salah satu dari mereka. Saya tidak sabar bermain dengan Messi. Saya mengidolakannya sejak saya berusia anak-anak. Namun sekarang saya harus mengubah pikiranku bahwa dia adalah rekan setimku," ujar De Jong serasa belum percaya bisa setim dengan Messi.

De Jong bisa saja mengikuti jejak pemain asal Belanda yang berjaya di Camp Nou. Di antaranya sejak zaman Cruyff, Ronald Koeman, Patrick Kluivert, Mark van Bommel, hingga Philippe Cocu. "Barca dan Belanda selau punya koneksi bagus dan spesial, dan saya harap bisa mengikuti tradisi tersebut," lanjutnya.