Liga Spanyol: Barcelona Patut Waspadai Laga Pembuka

Barcelona (Reuters/Albert Gea)
06 Juli 2019 10:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MADRID - Juara bertahan Liga Primera Spanyol, Barcelona, tak bisa berleha-leha ketika melakoni jornada pembuka musim 2019/2020. Raksasa Catalan dihadapkan jadwal tricky dengan bertamu ke markas Athletic Bilbao pada 18 Agustus mendatang.

Dalam dua kali pertemuan di Liga Spanyol musim lalu, Lionel Messi dkk. gagal mengalahkan Bilbao. Barca hanya bermain imbang 1-1 di Camp Nou, kemudian ditahan imbang 0-0 di San Mames, markas Bilbao.

Bilbao menjadi satu dari dua tim yang tidak bisa dikalahkan Barca pada 2018/2019. Satu tim lainnya adalah Valencia, di mana Barca juga hanya meraih dua hasil imbang dalam dua pertemuan.

Duel melawan Bilbao sekaligus menjadi panggung debut bintang baru Barca, Frenkie de Jong, di Liga Spanyol. De Jong resmi dikenalkan kepada publik Camp Nou, Kamis (4/7) waktu setempat. Gelandang berusia 21 tahun itu dibeli dari Ajax Amsterdam dengan banderol 75 juta euro (Rp1,19 triliun).

Sementara itu, bintang baru Real Madrid, Eden Hazard, bakal melakoni debutnya di Liga Spanyol dengan melawan Celta Vigo. Akan tetapi, Hazard baru bisa mencicipi atmosfer pertandingan di Santiago Bernabeu, markas Madrid, pada jornada kedua dengan menjamu Real Valladolid.

Madrid berharap uang 100 juta euro (Rp1,58 triliun) yang mereka gelontorkan untuk membeli Hazard dari Chelsea tidak berakhir sia-sia. Los Blancos, julukan Madrid, musim lalu benar-benar terpuruk di kasta tertinggi sepak bola Negeri Matador. Madrid tercecer ke peringkat ketiga klasemen akhir dengan tertinggal 19 poin dari musuh abadi mereka, Barca.