Prediksi Final Piala Emas: Meksiko Vs Amerika Serikat

Timnas Amerika Serikat (Reuters/Jim Brown)
07 Juli 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, CHICAGO - Amerika Serikat (AS) bisa jadi minder jika menengok rekor pertemuan mereka melawan Meksiko pada final Piala Emas CONCACAF.

Tim berjuluk The Stars and Tripes ini hanya sekali menang dalam enam pertemuan melawan musuh bebuyutan mereka tersebut pada babak pamungkas Piala Emas CONCACAF. Satu-satunya kemenangan terjadi ketika AS menundukkan Meksiko 2-1 di Soldier Field, Chicago, Illinois, AS, pada babak pamungkas 2007.

AS pun berharap bisa mengulang memori manis di Illinois tersebut ketika kembali bertemu Meksiko pada final Piala Emas CONCACAF 2019 ini. Sebab, duel pamungkas antara AS melawan Meksiko Piala Emas CONCACAF 2019 juga akan digelar di Soldier Field, Senin (8/7) pukul 08.00 WIB.

Ini bakal menjadi pertemuan kali pertama dua tim yang saling berseteru pada final Piala Emas CONCACAF sejak delapan tahun silam. Kali terakhir mereka dipertemukan pada final 2011, di mana Meksiko menundukkan AS dengan skor 4-2 yang diwarnai gol ikonik Giovani Dos Santos di Rose Bowl, Pasadena, California.

AS akan mengandalkan dua penyerang muda mereka, Christian Pulisic dan Weston McKennie, untuk merobek gawang Meksiko yang dikawal kiper kawakan Guillermo Ochoa. Kombinasi dua penyerang yang masing-masing masih berusia 20 tahun ini selalu mencetak gol pada perempat final dan semifinal Piala Emas CONCACAF kali ini.

Serangan tim Negeri Paman Sam, julukan AS, semakin produktif sejak dibesut Gregg Berhalter. Meski belum genap setahun menangani AS, Berhalter membawa tim ini meraih rekor 15 gol dan baru kemasukan sebiji gol sepanjang turnamen.

Berhalter pantas berterimakasih kepada Pulisic dan McKennie atas peningkatan serangan timnya. Dua pemain ini bisa jadi pembeda AS dengan pengalamannya di sepak bola Eropa. Pulisic memperkuat Borussia Dortmund sebelum hijrah ke Chelsea musim panas ini. Sedangkan McKennie memperkuat Schalke.

"Mereka tidak punya rasa takut, mereka punya mentalitas bagus, mereka memberi Anda solusi," jelas Berhalter, seperti dilansir Reuters, Sabtu (6/7/2019).

Tapi Meksiko tentu tak mau rekor juara mereka di Piala Emas CONCACAF disamai AS. El Tri, julukan Meksiko, sejauh ini masih memimpin daftar perolehan juara terbanyak di turnamen antarnegara di Amerika Serikat, Tengah, Utara, dan Karibia tersebut dengan 7 gelar. Sedangkan AS di belakang mereka dengan 6 gelar.