Koscielny Tolak Ikut Pramusim Arsenal

Laurent Koscielny (Reuters/David Klein)
12 Juli 2019 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Bek Arsenal, Laurent Koscielny, tampaknya sudah meneguhkan niat untuk meninggalkan Emirates Stadium pada musim panas ini. Hal itu setelah sang pemain menolak mengikuti tur pramusim The Gunners di Amerika Serikat. Klub Ligue 1, Bordeaux, disebut-sebut sudah mengajukan tawaran resmi untuk Koscielny.

Dilansir arsenal.com, Kamis (11/7/2019), The Gunners telah mengonfirmasi Koscielny tak bergabung dalam skuat untuk pramusim di Negeri Paman Sam. Di laga perdana pramusim, tim bakal menghadapi klub MLS, Colorado Rapids pada 16 Juli 2019. Arsenal menyatakan sangat kecewa dengan sikap pemain asal Prancis tersebut.

“Tindakan Laurent bertentangan dengan instruksi kami yang jelas. Kami berharap dapat menyelesaikan masalah ini dan tidak akan memberikan komentar lebih lanjut saat ini,” demikian pernyataan resmi tim.

Pangkal masalah tersebut disinyalir lantaran Koscielny kurang cocok dengan pelatih Arsenal saat ini, Unai Emery. Koscielny dianggap tidak masuk kriteria Emery yang menginginkan bek tengah gesit dan berani menguasai bola. Faktor usia juga membuat performa bek 33 tahun itu mulai meredup. Hal itu ditambah problem cedera yang membikin Koscielny sulit memberikan penampilan stabil sepanjang musim.

Sejumlah faktor ini membuat The Gunners masih gamang memperpanjang kontrak Koscielny yang bakal berakhir di ujung musim 2019/2020. Kondisi tersebut membuat Bordeaux terus mengamati Koscielny. Bordeaux dikabarkan siap menyodorkan kontrak tiga tahun bagi pemain yang sudah sembilan musim membela Arsenal itu.

Kepergian Koscielny sebenarnya bakal meringankan beban gaji Arsenal. Eks bek Lorient itu memang menjadi salah satu pemain dengan gaji tinggi di The Gunners. Namun Arsenal harus siap kehilangan bek berpengalaman. Situasi ini bisa merugikan, apalagi saat ini Arsenal belum dapat pengganti yang sepadan jika Koscielny hengkang.

Tanpa rumor kepergian Koscielny saja barisan bek Arsenal sudah bermasalah. Emery kerap mengeluhkan performa bek-bek Arsenal yang sering membuat kesalahan sendiri. Sayangnya, Arsenal hanya memberikan dana belanja tipis untuk Emery, sekitar 40-45 juta poundsterling. Dengan modal itu, Emery mungkin kesulitan menemukan bek tengah yang lumayan.