Tampil di Liga Champions, Atalanta Bermarkas di San Siro

Atalanta (Reuters/Alberto Lingria)
12 Juli 2019 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, MILAN - Atalanta bakal menggunakan Stadion San Siro sebagai kandang di ajang Liga Champions musim depan. Hal itu sudah disetujui oleh Dewan Kota Milan, meski sejumlah suporter melakukan protes.

Atalanta lolos ke Liga Champions musim 2019/2020 setelah pada musim lalu finis di peringkat ketiga klasemen akhir Liga Italia. Ini menjadi yang pertama bagi Atalanta tampil di kompetisi tertinggi antarklub Eropa. Sebelumnya, Atalanta cuma bisa tampil di Liga Europa.

Atalanta sendiri tak bisa memakai kandangnya, Stadio Azzurri d'Italia, yang sedang direnovasi untuk memenuhi standar UEFA. Hal itu yang membuat mereka meminjam kandang AC Milan dan Inter Milan itu untuk melakoni laga home di Liga Champions.

Atalanta sebenarnya sudah memakai kandang Sassuolo, Mapei Stadium, pada musim lalu untuk tampil di Liga Europa. Namun, mereka tidak ingin melanjutkan meminjam stadion tersebut untuk Liga Champions musim depan.

Atalanta lebih memilih San Siro dengan alasan jaraknya yang lebih dekat. Di sisi lain, San Siro juga lebih berpengalaman dalam melangsungkan pertandingan di level Eropa. Permintaan Atalanta ini lantas disetujui oleh Dewan Kota Milan, serta dua klub penghuninya, AC Milan dan Inter Milan.

"Kami bisa konfirmasi bahwa kami sudah menerima permintaan Atalanta untuk memakai San Siro sebagai kandang di ajang Liga Champions," ujar perwakilan Milan seperti dikutip dari Football Italia, Jumat (12/7/2019).

"Keputusan ini sesuai dengan persetujuan dari walikota Milan Giuseppe Sala setelah memahami keinginan kuat klub Bergamo tersebut."

"Kami yakin bajwa kesempatan ini tidak hanya menguntungkan Atalanta, tapi juga persepakbolaan Italia seluruhnya, karena ini menjadi inspirasi betapa pentingnya nilai-nilai seperti keramahan, rasa hormat, dan fair play," tandasnya.