Turnamen Amatir Pakai VAR, Menpora: Liga 1 Masa Enggak Bisa?

Imam Nahrawi (Antara/Gusti Tanati)
15 Juli 2019 20:25 WIB Newswire Indonesia Share :

Solopos.com, BANDUNG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyarankan kompetisi Liga 1 Indonesia untuk menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Menpora membandingkan dengan turnamen amatir yang bisa menggunakan VAR.

VAR sendiri merupakan teknologi yang berfungsi untuk membantu wasit dalam membuat keputusan. Teknologi ini sudah dipakai di sejumlah liga top Eropa serta turnamen-turnamen besar dunia. Teknologi ini juga berfungsi untuk mengurangi kontroversi di sepak bola.

"Mestinya pakai VAR," ujar Imam usai membuka Pekan Olahraga Perusahaan Air Minum Nasional (Porpamnas) 2019 di Gedeung Sabuga, Kota Bandung, Senin (15/7/2019), seperti dikutip dari detik.com.

Menurut Imam seharusnya Liga 1 bisa mencontoh perhelatan Bandung Premier League yang telah menggunakan teknologi pembantu wasit tersebut. "Coba tiru. Turnamen swasta atau amatir, tapi pakai teknologi VAR," katanya.

Imam mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi bisa membantu wasit dan mengurangi gesekan yang didasari rasa kecurigaan. "Ayo kita berbenah pakai VAR. Masa gitu saja enggak bisa. Panggil pengelola Bandung Super League, undang mereka diskusi," tandasnya.