Premier League Asia Trophy: City Terkendala Adaptasi

Manchester City merayakan gelar juara Liga Inggris 2018-2019 di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Minggu (12/5 - 2019) malam WIB. (Reuters/Phil Noble)
17 Juli 2019 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, NANJING — Penggawa Manchester City baru-baru ini dibuat naik pitam dengan ulah agen perjalanan yang membawa mereka menuju tur pramusim di Tiongkok. Keberangkatan City yang ke Shanghai yang sedianya hari Sabtu (13/7/2019) harus molor hingga Senin (15/7/2019) karena persoalan administrasi.

Keteledoran ini jelas merugikan The Citizens yang harus bertanding melawan West Ham United dalam Premier League Asia Trophy 2019 di Nanjing, Rabu (17/7/2019). City menjadi satu-satunya tim yang absen dari pembukaan dan konferensi pers turnamen yang dihelat di Nanjing, China, itu.

Selain City dan West Ham, Premier League Asia Trophy edisi tahun ini diikuti Wolverhampton Wanderers dan Newcastle United. Penundaan penerbangan juga membuat Ilkay Gundogan dkk. dihadapkan pada jetlag dan tipisnya waktu untuk beradaptasi dengan cuaca dan kelembapan di Negeri Tirai Bambu. Praktis City hanya punya waktu satu hari untuk persiapan jelang melawan The Hammers.

City sendiri harus tampil tanpa Sergio Aguero, Nicolas Otamendi, Gabriel Jesus, Fernandinho hingga Ederson yang diistirahatkan setelah tampil di Copa America 2019. Riyad Mahrez juga belum bisa bergabung karena bakal tampil di final Piala Afrika 2019, 20 Juli 2019.

Praktis City bakal bertumpu pada Kevin De Bruyne , Raheem Sterling serta David Silva untuk membongkar lini pertahanan West Ham. Penampilan pemain termahal City, Rodri, juga menjadi salah satu yang ditunggu dalam duel yang memperebutkan satu tiket ke final turnamen tersebut.

Sementara itu, West Ham tampak lebih siap menghadapi City setelah sebelumnya membekuk tim Austria, SCR Altach, dengan skor 3-2. Di turnamen China, pemain pilar seperti Manuel Lanzini, Jack Wilshere dan Felipe Anderson bakal berkolaborasi dengan jebolan akademi macam Josh Cullen dan Ben Johnson.

Kapten West Ham, Mark Noble, menyebut laga melawan City di Tiongkok bisa menjadi keuntungan tersendiri karena di laga perdana Liga Premier mereka akan menghadapi lawan yang sama. “Ini akan memberikan kami sedikit bocoran lebih awal,” ujar Noble dilansir Sky Sports.

Pada bagian lain, Newcastle seperti ayam kehilangan induknya kala bersua Wolverhampton Wanderers di semifinal lain Premier League Asia Trophy. The Magpies memang belum kunjung menunjuk manajer baru selepas kepergian Rafael Benitez akhir Juni lalu. Pelatih Sheffield Wednesday, Steve Bruce, sempat diisukan bakal menjadi pelatih anyar mereka. Namun hingga keberangkatan tim ke China, Newcastle belum kunjung memeroleh kejelasan pelatih.

Situasi kian berat setelah andalan tim, Ayoze Perez, telah hijrah ke Everton serta Salomon Rondon kembali ke West Bromwich Albion setelah masa peminjamannya usai. Kehilangan ini tak diimbangi pembelian pemain yang membuat Newcastle menjadi satu-satunya tim Liga Premier yang belum memboyong amunisi anyar.

Pelatih akademi Newcastle, Ben Dawson dan Neil Redfearn, yang ditunjuk sementara menangani tim jelas memiliki beban berat untuk meramu tim di tengah keterbatasan tersebut. “Memenangi laga akan membuat tekanan sedikit menurun,” ujar kapten Newcastle, Jamaal Lascelles.