Performa Real Madrid Belum Puaskan Zidane

Real Madrid (Reuters/Thomas Shea)
22 Juli 2019 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, HOUSTON — Zinedine Zidane memiliki setumpuk pekerjaan rumah menyusul kekalahan 1-3 Real Madrid dari Bayern Munchen pada International Champions Cup (ICC) 2019 di Stadion NRG, Houston, Texas, Minggu (21/7/2019) pagi WIB. Penampilan Los Blancos menunjukkan bahwa jalan penebusan atas performa buruk musim lalu masih butuh waktu panjang.

Lini depan yang digadang-gadang menjadi kekuatan baru Madrid tak terlalu impresif meski Eden Hazard dimainkan sejak menit awal. Hazard sejatinya tampil apik dan sukses mendikte lini belakang Bayern dalam debutnya.

Eks winger Chelsea itu juga menciptakan dua peluang yang mestinya bisa diselesaikan pemain lain menjadi gol. Sayang performa itu tak diimbangi Karim Benzema yang berulangkali membuang peluang emas.

Pengganti Benzema yang bermain di babak kedua, Luka Jovic, tak lebih baik. Striker Bosnia-Montenegro itu bahkan hanya seperti bayang-bayang, terisolasi di lini depan serta jarang menyentuh bola. Lini belakang pun tak kalah gawat setelah Corentin Tolisso, Robert Lewandowski dan Serge Gnabry bergantian menjebol gawang Madrid.

Gol yang dicetak Tolisso dan Gnabry menunjukkan minimnya kawalan para bek terhadap lini serang Bayern. Zidane mengakui barisan pertahanannnya sangat mudah ditembus, terutama di babak kedua. Saat itu dio Raphael Varane dan Sergio Ramos digantik Nacho dan pemain muda, Adrian de la Fuente.

“Kami mengalami kesulitan di pertahanan, tapi itu sangat normal karena tim belum sepenuhnya padu,” ujar Zidane seperti dilansir Marca, Minggu.

Meski demikian, ada sejumlah hal positif yang didapat Madrid di laga perdana pramusimnya. Wonderkid asal Jepang, Takefusa Kubo, tampil rancak saat masuk di babak kedua dan berulangkali merepotkan pertahanan lawan.

Dalam sebuah kesempatan, Kubo bahkan mampu melepaskan diri di tengah kawalan tiga pemain The Bavarians, julukan Bayern. Gelandang anyar Madrid, Rodrygo, juga menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang oportunis serta pengambil set-piece handal.

Gol hiburan Madrid dicetak Rodrygo lewat tembakan bebas indah yang menusuk pojok kiri atas gawang lawan. Gol itu bermula setelah Rodrygo dijatuhkan kiper Sven Ulreich dalam situasi satu lawan satu di mulut kotak penalti. Ulreich pun diganjar kartu merah. “Kami tidak gembira dengan kekalahan, tapi ada beberapa hal positif di laga ini,” imbuh Zidane.