Liverpool Ketergantungan Trio Salah-Mane-Firmino?

Sadio Mane dan Mohamed Salah (Reuters/Lee Smith)
26 Juli 2019 10:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, NEW YORK — Ketergantungan Liverpool terhadap trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino plus kiper Alisson Becker memang cukup tinggi. Tanpa keempat pemain andalan dalam tur pramusim di Amerika Serikat (AS), The Reds tak mampu mencatat satu pun kemenangan dari tiga pertandingan.

Dua laga di antaranya bahkan berakhir dengan kekalahan, yakni saat menghadapi Borussia Dortmund (2-3) dan Sevilla (1-2). Dalam uji coba terakhir kontra Sporting Lisbon, Liverpool cuma bermain imbang dengan skor 2-2.

Sempat unggul 2-1 di babak pertama lewat gol Divock Origi dan Georginio Wijnaldum, gawang Liverpool kebobolan gol Wendel di awal babak kedua. Satu gol Sporting lain dicetak Bruno Fernandes di menit keempat.

Tanpa trio Salah-Mane-Firmino, Jurgen Klopp memang harus mengutak-atik strategi lini depannya. Saat melawan Sporting, Origi dipasang sendirian sebagai ujung tombak dalam formasi 4-5-1. Sebelumnya Klopp mempertahankan pendekatan 4-3-3 di laga kontra Dortmund dan Sevilla dengan memasang Origi berdampingan dengan winger muda Benjamin Woodburn, Harry Wilson, hingga Ryan Kent.

Dari segi perbendaharaan gol, eksperiman Klopp sejatinya tak terlalu mengecewakan karena Liverpool mampu mengemas lima gol dari tiga uji coba di Negeri Paman Sam. Namun hal itu tampaknya tak cukup karena The Reds kebobolan gol lebih banyak (tujuh gol).

Ini terbilang mengejutkan karena Liverpool turun dengan lini belakang terbaik mereka seperti Virgil van Dijk, Joel Matip, Trent-Alexander Arnold, hingga Andrew Robertson. Hanya Alisson Becker yang urung tampil karena masih menjalani libur selepas Copa America 2019. Simon Mignolet dan kiper gaek, Andrew Lonergan, tampil bergantian di bawah mistar gawang.

Cuaca yang panas serta padatnya jadwal pertandingan pada tur pramusim di AS diklaim menjadi penyebab kurang optimalnya performa The Reds. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyebut timnya menjalani pekan yang intens karena harus bertanding tiga kali dalam jangka waktu lima hari.

“Mungkin agak melelahkan, tapi kami harus melakukannya untuk berbagai alasan,” ujar Klopp dilansir liverpoolfc.com.

Pada bagian lain, media Talk Sport menilai Liverpool masih terlalu bergantung pada Salah, Mane, dan Firmino sehingga kerap mencatat hasil buruk jika mereka tidak tampil. Analis Talk Sport, Adrian Durham, menilai The Reds butuh tambahan pemain berkualitas sebagai penyokong trio tersebut. Durham menganggap Liverpool akan terus kesulitan di Liga Premier jika tidak mengembangkan skuat.

“Liverpool, mari berkata jujur, mereka sepenuhnya mengandalkan tiga penyerang mereka. Lalu, ketika musim dimulai, mereka bahkan sudah kelelahan. Kenapa tim tidak coba mendatangkan Wilfried Zaha atau Gareth Bale?” ulasnya.