Bekal Buruk Liverpool Jelang Community Shield

Liverpool (Reuters/Ed Sykes)
30 Juli 2019 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, EDINBURGH — Napoli sukses mengeksploitasi kelemahan Liverpool saat meraih kemenangan 3-0 dalam laga uji coba di Stadion Murrayfield, Edinburgh, Senin (29/7/2019) dini hari WIB. Itu adalah kekalahan ketiga dari empat laga ekshibisi terakhir The Reds.

Hal ini tentu ironis mengingat Divock Origi dkk. memulai pramusim cukup impresif dengan menghajar Tranmere Rovers (6-0) dan Bradford City (3-1). Setelah itu The Reds tampak kepayahan menghadapi klub selevel dalam uji coba. Berturut-turut Liverpool dibekuk Borussia Dortmund (2-3), Sevilla (1-2) serta bermain imbang melawan Sporting Lisbon (2-2) sebelum dikuliti Napoli.

“Ketika musim dimulai, saya tak ragu bahwa kami akan siap. Namun kami tak boleh tebiasa menelan kekalahan atau imbang. Hal itu bisa mulai diterima oleh pikiran dan Anda mulai terbiasa, bukan itu yang kami butuhkan,” tutur bek sayap Liverpool, Andy Robertson, dilansir liverpoolfc.com, Senin.

The Reds memang harus segera berbenah. Kurang dari sepekan, mereka harus menghadapi Manchester City dalam ajang Community Shield di Wembley, 4 Agustus. Sebelum itu, Liverpool akan menjalani uji coba kontra Lyon di Jenewa, Kamis (1/8/2019) dinihari WIB.

Pertandingan ini menjadi kesempatan terakhir Liverpool untuk membenahi performa skuat jelang laga resmi perdana melawan City. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menilai kekalahan telak kontra Napoli tak lepas dari kegagalan meredam serangan balik serta terlalu mudah kehilangan bola.

“Kalau itu terjadi melawan City, Anda tak akan punya kesempatan,” ujar Klopp.

Saat melawan Napoli, Liverpool sejatinya mampu menguasai bola hingga 59%. Namun The Reds yang bereksperimen dengan trisula Divock Origi, Georginio Wijnaldum dan Alex Oxlade-Chamberlain hanya mencatat tiga tembakan tepat sasaran dari 12 peluang.

Di sisi lain, Napoli bermain lebih efisien dengan membukukan tujuh peluang on target dari delapan percobaan. Tiga di antaranya berbuah gol lewat aksi Lorenzo Insigne di menit ke-17, Arkadiusz Milik menit ke-28 serta Amin Younes menit ke-52.