Suporter: Cak Irul Pantas Jadi Pelatih Kepala Persis Solo

Choirul Huda (istimewa)
31 Juli 2019 08:00 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Sejumlah elemen suporter Persis Solo meminta manajemen mempertimbangkan Choirul Huda untuk dipromosikan sebagai pelatih kepala di sisa Liga 2 2019. Hal itu tak lepas dari pencapaian Persis yang sukses memborong tujuh poin dari tiga pertandingan terakhir. Pelatih yang akrab disapa Cak Irul itu dianggap mampu memompa mental dan kualitas permainan tim di tengah pusaran konflik.

Sejak Cak Irul menjadi kartaker menggantikan Agus Yuwono (AY), Laskar Sambernyawa memetik empat poin dari dua laga away yakni melawan Madura FC (1-0) serta Persatu Tuban (1-1). Terakhir, Iman Budi Hernandi dkk. secara meyakinkan menggasak Sulut United dengan skor 2-0 untuk kembali memanaskan persaingan papan atas Liga 2 2019 wilayah Timur.

Di bawah Cak Irul, sentuhan satu-dua serta permainan bola daerah khas Laskar Sambernyawa perlahan kembali moncer. Kepercayaan Cak Irul pada Hapidin dan Okky Derry, yang sebelumnya kerap menjadi cadangan, terbukti mampu mengangkat performa Persis. Yang tak kalah penting, kengototan dan daya juang Persis juga mulai pulih setelah sempat muncul isu mogok latihan.

Ketua Pasoepati Korwil Pasar Kliwon, Yudi Winarno, menilai Cak Irul cukup layak jika ditunjuk sebagai pelatih kepala Persis musim ini. “Sekarang permainan Persis lebih kelihatan polanya. Namun masih ada evaluasi terutama lini belakang yang masih cukup mudah ditembus,” ujar Yudi saat dihubungi Solopos.com, Selasa (30/7/2019)

Kelompok pendukung Persis yang tergabung dalam Surakartans juga sependapat Cak Irul layak diberi kesempatan lebih di tim. Perwakilan Surakartans, Adith, menilai Cak Irul pantas diacungi jempol karena mampu mengangkat performa tim di tengah kondisi yang tidak kondusif.

Menurut Adith, mantan Asisten Pelatih Perseru Serui itu cukup pantas dipercaya sebagai pelatih kepala. “Kalau lisensinya memenuhi kenapa tidak? Setidaknya hingga akhir musim. Saat ini Cak Irul yang paling paham terhadap kebutuhan tim.”

Namun kehadiran Agus Yuwono di tribune penonton saat Persis melawan Sulut United di Madiun kemarin membuat spekulasi soal pelatih Persis semakin liar. Apalagi, hingga kini AY ternyata masih tercatat sebagai pelatih Persis dalam dokumen PT Liga Indonesia Baru (LIB) meski beberapa waktu lalu menyatakan mundur.

Anggota Pasoepati asal Laweyan, Andri Kikuk, menilai bakal ada rasa ewuh pekewuh apabila Cak Irul mengambilalih posisi AY. Diketahui, merapatnya Cak Irul sebagai asisten pelatih Laskar Sambernyawa merupakan rekomendasi AY. “Namun sebagai sesama profesional, saya kira kedua pelatih akan menerima apapun keputusan manajemen,” kata Andri.

Manajer Persis, Langgeng Jatmiko, mengatakan peluang Choirul Huda diangkat sebagai pelatih kepala cukup terbuka. Langgeng tak menampik banyak pihak yang memintanya mempertahankan Cak Irul menyusul hasil positif di tiga pekan terakhir.

Namun dia menegaskan pemilihan pelatih kepala menjadi wewenang direksi PT Persis Solo Saestu. “Yang jelas kami juga mendengar aspirasi dari suporter. Makanya kami enggak terburu-buru soal pelatih kepala,” ujarnya.