10 Kandidat Pemain Terbaik Dunia FIFA

Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk. (Reuters)
01 Agustus 2019 15:55 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Federasi sepak bola dunia, FIFA, telah merilis kandidat Pemain Terbaik Dunia 2019. Dikutip dari Bleacher Report, Kamis (1/8/2019), terdapat 10 pemain dalam daftar tersebut yakni Cristiano Ronaldo, Virgil van Dijk, Mohamed Salah, Sadio Mane, Frenkie De Jong, Matthijs De Ligt, Eden Hazard, Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Harry Kane.

Ronaldo masuk dalam daftar ini setelah tampil apik pada musim lalu. Bersama Juventus, dia membukukan 28 gol dan 10 assist serta mengantarkan Si Nyonya Tua meraih scudetto. Ronaldo juga sukses bersama Timnas Portugal dengan meraih gelar juara UEFA Nations League.

Bek Liverpool, Van Dijk, juga masuk dalam daftar kandidat peraih penghargaan bertajuk The Best FIFA Men's Player ini. Dia menjadi salah satu alasan solidnya lini belakang The Reds sehingga bisa memenangi Liga Champions. Van Dijk juga berjasa mengantar Timnas Belanda melaju ke final UEFA Nations League.

Kemudian ada Mohamed Salah yang juga sukses membawa Liverpool juara Liga Champions. Pemain asal Mesir itu tercatat membuat 27 gol dan 13 assist di 52 penampilan bersama The Reds musim lalu.

Sadio Mane menjadi pemain Liverpool ketiga yang masuk dalam daftar ini. Dia juga berjasa besar membawa The Reds juara Liga Champions. Mane total membuat 26 gol dan lima assist di 50 penampilan seluruh ajang. Sementara bersama Timnas Senegal, Mane berhasil lolos ke babak final Piala Afrika 2019.

Gelandang Barcelona yang musim lalu membela Ajax Amsterdam, Frenkie De Jong, juga masuk dalam daftar ini. De Jong memang tampil gemilang musim lalu bersama Ajax. Tim tersebut dibawa De Jong meraih gelar Liga Belanda dan Piala KNVB serta lolos ke semifinal Liga Champions.

Tak cuma De Jong, Matthijs De Ligt, juga masuk dalam jajaran kandidat Pemain Terbaik Dunia FIFA. Bek tengah yang kini bergabung dengan Juventus itu menjadi kunci sukses Ajax musim lalu. Dia menjadi kapten tim dengan usianya yang masih 19 tahun.

Kesuksesan Chelsea menjuarai Liga Europa musim lalu membuat Eden Hazard masuk dalam daftar kandidat Pemain Terbaik Dunia ini. Selain itu, Hazard yang pada musim panas ini bergabung dengan Real Madrid juga sukses membawa The Blues finis empat besar Premier Liga Premier Inggris.

Lionel Messi juga masuk dalam daftar Pemain Terbaik Dunia kali ini. Messi merupakan langganan dalam daftar kandidat ajang ini. Musim lalu dia mencetak 51 gol dan 22 assist dari 50 pertandingan. Dia mengantarkan Barcelona juara Liga Spanyol.

Kandidat kesembilan adalah Kylian Mbappe. Mbappe menjadi salah satu kunci sukses Paris Saint Germain tampil trengginas di kompetisi domestik musim lalu, meski di kancah Liga Champions PSG tampil jeblok. Mbappe membuat 39 gol dan 17 assist dari 43 laga bersama PSG musim lalu.

Pemain terakhir yang masuk dalam daftar ini adalah Harry Kane. Striker Timnas Inggris itu sukses mengantarkan Tottenham Hotspur melaju ke final Liga Champions. Itu menjadi pencapaian terbaik Tottenham sepanjang sejarah di kompetisi tertinggi antarklub Eropa. Kane sendiri membuat 24 gol dan enam assist dalam 40 pertandingan.