PSM Juara Piala Indonesia

PSM Makassar (Antara/Sahrul Manda T.)
06 Agustus 2019 18:30 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, MAKASSAR - PSM Makassar berhasil menjadi juara Piala Indonesia. Mereka mengalahkan Persija di babak final dengan agregat 2-1. Setelah kalah 0-1 pada leg pertama, Juku Eja menang dengan skor 2-0 pada leg kedua.

Dalam pertandingan leg kedua yang dilangsungkan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8/2019), PSM sukses mencetak gol cepat di menit ketiga. Aaron Evans berhasil membobol gawang Andritany dengan sundulan setelah memanfaatkan tendangan sudut.

Pada menit ke-11, PSM nyaris menggandakan keunggulan. Kali tendangan keras M. Rahmat dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper. Sementara Persija mengancam lewat tendangan bebas Bruno Matos yang masih melambung.

Persija terus mencoba untuk menyamakan kedudukan. Sebuah peluang pun didapat melalui striker andalan mereka, Marko Simic. Namun sundulannya masih menyamping di sisi gawang Rivky Mokodompit.

Usaha Persija untuk menyamakan kedudukan kian berat setelah bermain dengan 10 pemain pada menit ke-31. Gelandang mereka, Sandi Sute, diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua karena menjegal pemain lawan. Namun hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk PSM tetap tak berubah.

Di babak kedua, PSM mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 berkat gol Zulham Zamrun di menit ke-50. Sundulan Zulham sempat ditepis Andritany namun bola tetap masuk ke gawang. Kedudukan ini membuat PSM unggul agregat 2-1.

PSM bahkan nyaris menambah gol delapan menit kemudian. M. Rahmat melepaskan tembakan voli keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Persija.

Persija sendiri tampak kesulitan karena kalah jumlah pemain. Namun, Macan Kemayoran tetap bisa mengancam termasuk lewat tendangan Bambang Pamungkas. Pertandingan ini berjalan keras, terbukti ada 12 kartu kuning yang dikeluarkan wasit. Hingga akhir laga, skor 2-0 untuk PSM tetap bertahan.

Susunan Pemain:

PSM: Rivky Mokodompit, Aaron Evans, Abd. Rahman, Asnawi Mangkualam, Beny Wahyudi, Wiljan Pluim, Rizky Pellu, M. Arfan, Guy Junior, M. Rahmat, Ferdinand Sinaga

Persija: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan, Rohit Chand, Rezaldi Hehanusa, Tony Sucipto, Ryuji Utomo, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Sandi Sute, Bruno Matos, Marko Simic