Liga Inggris: Menanti Kejutan di Deadline Day

Christian Eriksen (Reuters/Toby Melville)
07 Agustus 2019 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER — Kamis, 8 Agustus 2019 pukul 23.00 WIB bakal menjadi waktu keramat bagi para tim Liga Premier Inggris. Tanggal ini menjadi tenggat bursa transfer pemain di kompetisi tertinggi Negeri Ratu Elizabeth. Meski hanya menyisakan kurang dari 48 jam, bukan tak mungkin transfer-transfer kejutan bakal banyak mewarnai deadline day.

Salah satu saga transfer yakni Harry Maguire memang sudah usai dengan memunculkan Manchester United (MU) sebagai pemenang. United menggelontorkan dana hingga 80 juta poundsterling untuk menjadikan pemain Leicester City itu sebagai bek termahal dunia sekaligus pemain termahal Inggris sepanjang sejarah.

Namun dinamika transfer sejumlah pemain bintang yang belum menemui ujung seperti Bruno Fernandes (Sporting Lisbon), Wilfried Zaha (Crystal Palace) hingga yang terkini, Christian Eriksen (Tottenham Hotspur) berpotensi memunculkan transfer dengan nilai tak kalah besar.

Dilansir Daily Mail, Selasa (6/8/2019), MU disebut belum akan berhenti berbelanja meski telah mendatangkan Maguire. Eriksen disebut bakal menjadi pemain baru keempat Setan Merah menyusul negosiasi kedua tim yang mendekati final. Rencana MU mendatatangkan pemain Timnas Denmark itu cukup mengejutkan mengingat sang pemain lebih sering dikaitkan dengan Real Madrid.

Pemain 27 tahun itu akan merapat ke Old Trafford dengan nilai transfer 65 juta poundsterling. Jumlah ini hanya separuh dari nilai yang sempat ditetapkan Presiden Spurs, Daniel Levy, senilai 130 juta poundsterling. Harga Eriksen anjlok drastis karena kontraknya bakal habis tahun depan.

Pembelian Eriksen diyakini akan melapangkan pintu keluar bagi Paul Pogba. United memang punya waktu cukup panjang untuk mendapat penawaran terbaik untuk Pogba. Berbeda dengan Inggris, bursa transfer di liga top Eropa lain seperti Italia dan Spanyol baru ditutup 23 Agustus mendatang.

Kepindahan Eriksen ke United diyakini akan menjadi efek domino bagi transfer besar lain. Tottenham disebut siap masuk dalam persaingan untuk mendapatkan gelandang Sporting Lisbon, setelah mendapat dana segar dari penjualan Eriksen. Selama ini MU yang getol memburu pemain berbanderol 70-75 juta poundsterling tersebut.

Wilfried Zaha juga menjadi salah satu komoditas panas yang belum menemukan pelabuhan baru. Selain Arsenal, Everton dikabarkan ngebet mendatangkan winger Crystal Palace itu. The Toffees bahkan disebut menyiapkan dana 60 juta poundsterling plus Cenk Tosun untuk menebus Zaha yang dihargai timnya mencapai 80-100 juta poundsterling. Tawaran itu lebih menggiurkan ketimbang Arsenal yang mentok di angka 40 juta poundsterling.

The Gunners diramal tak akan terlalu ngotot untuk memboyong Zaha setelah mendapatkan Nicolas Pepe dari Lille. Perhatian Arsenal saat ini justru lini pertahanan menyusul rencana hengkang Laurent Koscielny dan Skhodran Mustafi. Dilansir Mirror, Arsenal tengah menyeriusi transfer bek Juventus, Daniele Rugani. Ini setelah penawaran mereka senilai 55 juta poundsterling untuk bek RB Leipzig, Dayot Upamecano ditolak.

Rugani yang dibanderol 50 juta poundsterling bisa menjadi pembelian realistis di tengah waktu transfer yang kian sempit. Rugani diyakini tak akan menolak pinangan Arsenal lantaran kesulitan menjadi starter di Juve menyusul kehadiran Matthijs de Ligt. “Kami hanya akan mendatangkan pemain yang benar-benar bisa meningkatkan performa tim. Jika tidak, maka kami tidak akan belanja pemain baru,” tegas Pelatih Arsenal, Unai Emery.