Persis Solo Krisis Bek Kanan, Cak Irul Akan Bereksperimen

Persis Solo (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
07 Agustus 2019 08:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.cpm, SOLO — Choirul Huda bakal mengambil langkah berani untuk menyiasati minimnya stok pemain belakang Persis Solo dalam laga melawan PSBS Biak di Stadion Cendrawasih, Biak, Kamis (8/8/2019). Setelah kehilangan bek tengah, Wahyu Kristanto, Persis harus bermain tanpa dua bek kanan mereka, Wirabuana “Vandy” Prayogo dan Dedi Tri Maulana.

Baru-baru ini Dedi mengalami cedera setelah masuk sebagai pemain pengganti saat Persis menjamu Persewar Waropen akhir pekan lalu. Hal itu membuatnya tak disertakan dalam tur ke Papua. Adapun Vandy harus absen lantaran kartu merah yang diterimanya saat melawan Persewar. 

Absennya kedua pemain tersebut praktis membuat Laskar Sambernyawa tak memiliki stok bek kanan murni di laga melawan Cendrawasih Kuning, julukan PSBS. Choirul Huda pun menyiapkan M. Shulton Fajar atau Nanang Asripin untuk mengisi posisi bek kanan Persis. 

Eksperimen ini cukup berani mengingat posisi asli Shulton adalah gelandang tengah, sedangkan Nanang biasa bermain sebagai winger. Kedua pemain tersebut juga belum pernah dipasang sebagai bek sayap sebelumnya. Kartaker Persis yang akrab disapa Cak Irul itu mengaku harus menyiapkan alternatif lantaran keterbatasan di lini belakang. 

“Sebenarnya kami bisa memasang Oky Derry di bek kanan. Namun ini cukup berisiko karena permainan PSBS sangat mengandalkan kecepatan,” ujar Cak Irul saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (6/8/2019).

Sang pelatih menilai kecepatan dan mobilitas Shulton dan Nanang dapat diandalkan untuk mengkaver sisi kanan pertahanan Laskar Sambernyawa. Meski demikian, Cak Irul harus benar-benar menimbang risiko lubang di sisi kanan lantaran kedua pemain itu memiliki naluri serang tinggi. 

Dua gelandang bertahan yang bermain dalam formasi 4-2-3-1 harus sigap menutup kekosongan saat bek kanan melakukan overlap. “Kami sudah beberapa kali memainkan Nanang dan Shulton sebagai bek kanan dalam latihan. Semoga mereka cepat beradaptasi,” ujar Choirul.

Sebanyak 17 penggawa Persis sudah tiba di Biak pada Selasa pagi. Mereka langsung menggelar latihan ringan di penginapan setelah menjalani perjalanan panjang dari Madiun. Persis kini sementara berada di peringkat tiga klasemen Liga 2 Wilayah Timur dengan 13 poin. Adapun PSBS menguntit di posisi enam dengan 11 poin.