Tekuk Laos 2-1, Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-19

Timnas Indonesia di Piala AFF U/18 Tahun 2019 (Pssi.org)
12 Agustus 2019 18:00 WIB Newswire Dunia Share :

Solopos.com, HO CHI MINH -- Tim nasional (Timnas) Indonesia U-18 memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2019. Tiket ke semifinal tersebut diperoleh setelah Sutan Zico dkk menekuk Laos U-18 dengan skor tipis 2-1.

Melakoni matchday keempat Piala AFF U-19 2019 di Thong Nhat Stadium, Senin (12/8/2019) sore WIB, Indonesia sempat kesulitan membuat peluang karena strategi defensif yang diterapkan Laos. Tampil menekan, Timnas Indonesia U-18 berhasil menyudahi laga dengan kemenangan 2-1 atas Laos.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-18 berhasil memastikan diri untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2019. Timnas Indonesia U-19 butuh kemenangan di laga pamungkas kontra Myanmar untuk menentukan siapa yang berhak lolos sebagai juara Grup A Piala AFF U-19 2019.

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-18 yang butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2019 langsung tampil menekan sejak menit pertama di laga kontra Laos. Sejumlah kans pun didapat Timnas Indonesia U-18, namun upaya mereka belum mampu membobol gawang Laos.

Babak pertama berjalan 15 menit, Timnas Indonesia U-18 hampir membuka keunggulan atas Laos melalui aksi dari Sutan Diego Armando Zico. Akan tetapi tembakan Zico usai memaksimalkan umpan dari Supriadi masih belum tepat sasaran.

Tidak berselang lama, giliran Laos yang memiliki kans untuk bisa unggul lebih dahulu atas Timnas Indonesia U-18. Akan tetapi eksekusi sepakan bebas yang dilakukan oleh Chony Wenpaseth masih melambung tipis di atas mistar gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Memasuki 10 menit jelang turun minum, Timnas Indonesia U-18 justru mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari para pemain Laos. Bahkan Laos hampir saja mencetak gol jika tembakan spekulasi yang dilepaskan oleh Phouvieng Phounsavath tepat sasaran.

Pada menit ke-41, Timnas Indonesia U-18 kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa mencetak gol atas Laos. Memanfaatkan operan dari Beckham Putra Nugraha, Brylian Aldama coba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Laos. Namun tembakannya belum membuahkan hasil positif.

Di pengujung babak pertama, Timnas Indonesia U-18 kembali gagal memanfaatkan peluang emas mereka untuk unggul atas Laos. Kali sepakan yang dilepaskan oleh Beckham yang masih berhasil ditinju oleh kiper Laos, yakni Solasak Thilavong. Hingga 45 menit pertama berakhir, kedudukan 0-0 masih menghiasi papan skor laga Timnas Indonesia vs Laos.

Babak Kedua

Belum satu menit babak kedua berjalan, Timnas Indonesia U-18 sudah mendapatkan peluang emas dari aksi Amiruddin Bagus Kahfi. Namun upaya Bagus untuk menyundul bola hasil umpan Fajar Fathur Rahman masih belum membuahkan hasil positif.

Pada menit ke-52, Timnas Indonesia U-18 kembali membuat para pemain bertahan Laos kerepotan. Mendapatkan umpan manis dari Zico, Beckham pun coba melepaskan tembakan terukur dari ke gawang Laos. Namun Thilavong yang tampil apik di laga ini berhasil menghentikan tembakan Beckham tersebut.

Berjarak 13 menit, Timnas Indonesia U-18 lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang emas mereka untuk bisa membobol gawang Laos. Bagus yang mendapatkan bola liar di dalam kotak penalti, coba menyambutnya dengan sundulan. Tapi bola hasil sundulannya berhasil ditepis oleh Thilavong.

Alih-alih mencetak gol, Timnas Indonesia U-18 justru dikagetkan dengan gol yang dicetak oleh Alounnay Lounlasy yang membawa Laos unggul 0-1. Lounlasy melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu dihalau oleh Ernando Ari.

Akan tetapi keunggulan Laos tidak bertahan lama, sebab hanya berjarak dua menit Timnas Indonesia U-18 mampu membuat kedudukan kembali seimbang, 1-1. Adalah Bagus yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai tembakannya meluncur deras ke dalam gawang Laos.

Delapan menit jelang pertandingan seusai, Timnas Indonesia U-18 hampir saja berbalik unggul atas Laos melalui tembakan bebas yang dilepaskan David Maulana. Namun tembakan David masih berhasil diamankan oleh Thilavong.

Pada masa injury time, Timnas Indonesia U-18 berhasil berbalik unggul 2-1 usai bek Laos, Anoulack Vannalath, mencetak gol bunuh diri. Bermaksud menghalau umpan silang Amiruddin Bagas Kaffa, bola halauan Anoulack justru masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Timnas Indonesia U-18 akhirnya mampu menutup laga ini dengan kemenangan 2-1 atas Laos.

Susunan Pemain:

Indonesia U-18: Ernando Ari, Salman Alfarid, Alfreanda Dewangga, Riski Ridho, Bagas Kaffa, Brylian Aldama, David Maulana, Braif Fatari (Beckham Putra 38’), Bagus Kaffi, Sutan Zico (Saddam Gaffar 84’), M. Supriadi (Fajar Fathur 35’).

Laos U-18: Solasak Thilavong, Khamsanga Phimmansone, Anoulack Vannalath, Saleunxay Phommavong, Channichone Chanthavong, Thanouthong Kietnalonglop, Bounmy Pinkeo, Phouvieng Phounsavath, Alounnay Lounlasy, Akkhom Thoranin, Chony Wenpaseth.

Sumber : Okezone